Sukses

Kejutan dari Pengumuman Nominasi Oscar 2015

Ada sejumlah kejutan dari pengumuman nominasi Academy Awards atau Oscar 2015 kemarin. Kami mencatatnya untuk Anda.

Liputan6.com, Jakarta Selalu ada yang kecewa saat keputusan diumumkan. Begitu juga ketika nominasi Academy Awards 2015 atau oscar diumumkan Kamis (15/1/2015) pagi waktu Hollywood atau kemarin malam waktu sini.

Ketua Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) Cheryl Boone mengumumkan seluruh 24 nominasi peraih Oscar 2015 bersama aktor Chris Pine, berserta sutradara ), sutradara J.J. Abrams dan Alfonso Cuarón,

Dan, tentu saja, ada sejumlah kejutan dari pengumuman nominasi kemarin. Kami mencatatnya untuk Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

The Lego Movie Tak Masuk Nominasi

The Lego Movie Tak Masuk Nominasi

Hampir seluruh pengulas film sepakat (termasuk situs ini), The Lego Movie adalah FILM ANIMASI TERBAIK 2015. Film karya Phil Lord dan Christopher Miller itu tak hanya memuaskan penonton kebanyakan (terbukti dengan box office Amerika yang mencapai USD 257 juta), tapi juga punya muatan nyeleneh yang cerdas lewat berbagai referensi komikal pada budaya pop. Juri anggota Academy tampaknya tak sedang punya selera humor yang cerdas.

3 dari 6 halaman

Tidak Ada Nominasi untuk Ava DuVernay dan David Oyelowo

Tidak Ada Nominasi untuk Ava DuVernay dan David Oyelowo

Selma kerap disebut sebagai salah satu film terbaik tahun kemarin. Sayang, filmnya belum resmi edar di sini. Ava DuVernay dianggap sangat efektif mengarahkan Selma yang berkisah tentang protes persamaan hak oleh Martin Luther King Jr. (diperankan David Oyelowo).
Namun, nama Ava DuVernay tak disebut di deretan nominasi peraih gelar Sutradara Terbaik. Padahal ini kesempatan juri Academy Awards mencetak sejarah: wanita keturunan Afro-Amerika pertama yang meraih nominasi Oscar Sutradara Terbaik. Sayang, para juri tak berselera membuat sejarah. Sementara itu, sebagai Dr. King, David Oyelowo dengan sangat baik menggambarkan sosok asli yang punya kepribadian kompleks. 

4 dari 6 halaman

Perayaan Oscar untuk Kulit Putih

Perayaan Oscar untuk Kulit Putih

Laman Huffington Post menyebut Academy Awards atau Oscar 2015 adalah perhelatan paling kulit putih sejak 1998. Di tahun itu, tak ada peraih nominasi dari kaklangan kulit berwarna, entah kulit hitam ataupun dari ras lain.

Tahun ini tak ada nominator yang berkulit hitam. Meski film bertema kulit hitam, Selma masuk nominasi film terbaik, para aktor mauoun pendukung filmnya tak diberi tempat bersaing di kategori lain. Tahun lalu, 12 Years A Slave meraih banyak nominasi dan menghantarkan Lupita Nyong'o meraih Oscar kategori Aktris Pendukung Terbaik. Sebuah kemunduran bagi Oscar tak memberi kesempatan pada warga kulit hitam tahun ini.

5 dari 6 halaman

Gone Girl Hanya Dapat 1 Nominasi

Gone Girl Hanya Dapat 1 Nominasi

Seperti karya David Fincher sebelumnya, The Girl with the Dragon Tattoo, karya terbarunya, Gone Girl hanya berhasil menghantarkan pemain utama peremouan, Rosamund Pike bersaing meraih gelar Aktris Terbaik Oscar 2015.

Para juri Oscar tak memberi tempat bagi Fincher, sebagai sutradara, maupun bagi Gillian Flynn yang dengan sangat baik mengadaptasi novel larisnya sendiri jadi skenario film.

6 dari 6 halaman

Tak Ada Nominasi untuk Jake Gyllenhaal dan Jennifer Aniston

Tak Ada Nominasi untuk Jake Gyllenhaal dan Jennifer Aniston

Tahun ini persaingan ketat terjadi di kategori Aktor dan Aktris Terbaik. Yang masuk nominasi adalah mereka-mereka yang memberi penampilan aktiing terbaik di film masing-masing.

Namun, juri Oscar tampaknya masih belum terlalu memberi tempat bagi aktor dan aktris yang biasa berakting di film box office, atau mereka yang lebih berstatus seleb ketimbang aktris. Maka, Jake Gyllenhaal yang berakting sebagai wartawan amatir sekaligus psikopat di Nightcrawler, dan Jennifer Aniston yang berakting jadi wanita bermasalah di Cake. (Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini