Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

5 Peristiwa Terbesar di Televisi Sepanjang Masa

Liputan6.com, Sydney Pada 1996, PBB menetapkan 21 November sebagai Hari Televisi Dunia. Hingga kini, televisi masih menjadi medium komunikasi yang paling berpengaruh bagi penduduk Bumi.

Televisi telah menggantikan media cetak. Internet belum menggusur TV, malah kini TV menjadi bagian dari layanan Internet.

Memperingati Hari TV Dunia, laman news.com.au belum lama ini merating lima peristiwa yang terekam televisi dan mengubah wajah dunia.

Apa saja?

2 dari 6 halaman

Debat Calon Presiden AS pertama disiarkan TV

Debat Calon Presiden AS Pertama Disiarkan TV (1960)

Sejarawan politik dan pengamat media sepakat bahwa tayangan televisi yang menyiarkan Debat Calon Presiden AS tahun 1960 antara Wakil Presiden Richard Nixon dan kandidat yang waktu itu kurang dikenal, Senator John F. Kennedy, telah mengubah waja politik dan bagaimana mengonsumsi berita.

Untuk pertama kalinya, para calon pemilih bisa melihat calon pemimpin mereka berargumentasi serta menyampaikabn visi-misinya--tidak lagi sebatas mendengar suara mereka di radio. Kennedy dianggap memenangkan perdebatan karena terlihat lebih menawan di TV.

 


 

 

3 dari 6 halaman

Pembunuhan Presiden John F. Kennedy

Pembunuhan Presiden John F. Kennedy (1963)

Saat Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy terbunuh pada 22 November 1963, masyarakat Amerika melihat di televisi bagaimsana penyiar berita Walter Cronkite di CBS berkaca-kaca, dengan suara tersedak namun di saat bersamaan mencoba bicara datar, mengabarkan kabar rsmi bahwa sang presiden telah tiada.

Pada 1975, sekali lagi masyarakat Amerika--yang belum sembuh dari trauma kematian presiden yang mereka cintai--terpaku melihat momen-momen Presiden Kennedy tertembak lewat rekaman kamera film milik Abraham Zapruder, seorang warga biasa. Rekaman ini dianggap mempengaruhi bagaimana sebuah kekerasan ditampilkan di TV dan film. Yang lain menyebut rekaman itu adalah awal dari apa yang kini dikenal sebagai citizen journalism.

 


 

 

4 dari 6 halaman

Pendaratan pertama di Bulan

Pendaratan pertama di Bulan (1969)

Pada 1969, Neil Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan. Saat kru Apollo 11 mendrat di Bulan pada tanggal 20 Juli, TV menyiarkan momen itu selama 30 jam non-stop. Pendaratan ke Bulan adalah salah satu peristiwa bersejarah bagi umat manusia.

 

 

 

5 dari 6 halaman

Runtuhnya Tembok Berlin

Runtuhnya Tembok Berlin (1989)

Pada 1989, bepergian dari Jerman Timur ke Jerman Barat bukanlah hal yang dilarang lagi. Pemerintah Komunis Jerman Timur memutuskan merobohkan tembok yang memisahkan dua Jerman itu. Tembok secara resmi dirobohkan pada 10 November tahun itu. Rakyat Jerman bersorak. Dan semua momen itu ditangkap kamera TV.

 


 

 

6 dari 6 halaman

Serangan teroris 11 September 2001

Serangan teroris 11 September 2001

Dunia seperti berhenti saat pesawat komersil yang dibajak teroris diterbangkan lurus ke arah menara kembar World Trade Center (WTC) pada Selasa pagi tanggal 11 September 2001. Pesawat meledak di depan miliaran pasang mata yang menonton TV hari itu. Runtuhnya menara WTC tak lama kemudian juga terjadi di depan TV. Semua orang ingat apa yang mereka lakukan pada 11 September hari itu, dan takkan melupakannya.

 


 

(Ade)

Loading