Sukses

Stairway to Heaven Dicap Lagu Jiplakan, Led Zeppelin Dituntut

Lagu yang Stairway to Heaven yang dirilis pada 1971 dituduh hasil jiplakan lagu Taurus milik band Spirit.

Liputan6.com, London Anda pendengar lagu-lagu rock klasik? Jika iya, tentu tembang "Stairway to Heaven" milik Led Zeppelin sudah tidak asing lagi di telinga. Namun, belakangan ini sebuah band legendaris bernama Spirit, mengklaim bahwa lagu sendu berdurasi delapan menit itu hasil "curian" salah satu karya mereka.

Menurut laporan Rolling Stone melalui laman NME, Senin (19/5/2014), lagu yang dirilis pada 1971 itu diklaim merupakan hasil jiplakan sebuah nomor milik Spirit bertajuk "Taurus" yang sudah ada sejak tahun 1968.



Pengacara Spirit, Francis Alexander Molofiy pun berusaha menghalangi perilisan ulang album Led Zeppelin IV yang berisi "Stairway to Heaven" serta beberapa lagu hit lain seperti "Black Dog" dan "Rock and Roll".

Francis menyatakan bahwa kliennya, mendiang Randy Alexander (wafat 1997) yang merupakan vokalis dan gitaris Spirit, harus diberi kredit atas penulisan lagu "Stairway to Heaven". Mereka mengaku bakal mengajukan gugatan atas pelanggaran hak cipta.

"Ide di balik ini semua adalah untuk memastikan bahwa Randy California diberi kredit penulisan di 'Stairway to Heaven'. Ini sudah sangat lama," ujar Francis Alexander kepada pihak Bloomberg Businessweek.

Bassis Spirit, Mark Andes turut menimpali bahwa Led Zeppelin pasti sudah mendengar lagu "Taurus" saat kedua band sedang melakukan tur bersama-sama pada akhir 1960an.

Mengomentari masalah tindakan pelanggaran hak cipta, Mark pun mengaku tidak bisa menjelaskannya meski sudah dijabarkan oleh pihak pengacara secara terang-terangan. Namun, ia berujar sembari memberi dukungan kepada pihak pengacara, "Akan sangat menyenangkan jika personel Led Zeppelin memberi Randy sedikit anggukan."

Pihak keluarga Randy California sendiri sudah menunggu sejak lama untuk mengambil tindakan hukum karena sebelumnya mereka tidak mampu untuk membayar. Sementara itu, perwakilan Led Zeppelin sendiri belum ada yang mau mengomentari perihal masalah mengejutkan ini.

Ketiga album perdana Led Zeppelin lainnya yang bakal diluncurkan dalam edisi deluxe mencakup Led Zeppelin, Led Zeppelin II, dan Led Zeppelin III. Mereka menjadwalkannya untuk bisa hadir di toko CD pada 2 Juni 2014 mendatang.



Led Zeppelin yang terdiri dari Jimmy Page (gitar), Robert Plant (vokal) mendiang John Bonham (drum), dan John Paul Jones (bass), dibentuk di London pada 1968 hingga 1980. Mereka adalah salah satu band rock paling populer dan berpengaruh di era 1970an. Album mereka sudah terjual hingga 300 juta kopi di seluruh dunia dan masih laris hingga saat ini. (Rul/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini