Sukses

Menimbang Prospek Penggabungan GOTO-Grab

Kabar penggabungan usaha atau merger PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan Grab Holdings Ltd kembali mencuat beberapa waktu terakhir. Kedua pihak sedang dalam diskusi awal mengenai berbagai skenario, kata orang-orang yang mengetahui rencana tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Kabar penggabungan usaha atau merger PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan Grab Holdings Ltd kembali mencuat beberapa waktu terakhir. Kedua pihak sedang dalam diskusi awal mengenai berbagai skenario, kata orang-orang yang mengetahui rencana tersebut.

Pengamat Pasar Modal Desmond Wira memperingatkan bahwa bagaimanapun, GOTO dan Grab adalah dua entitas yang tengah merugi, meski diakui ada peningkatan kerja. Dalam catatannya, GOTO membukukan rugi Rp 9,5 triliun, sedangkan Grab menderita rugi USD 99 juta atau sekitar Rp 1,54 triliun (kurs Rp 15.584,90 per USD).

"Dua perusahaan yang sama-sama sakit parah karena rajin bakar duit. Jika GOTO-Grab jadi merger, nilai market cap mencapai Rp 304 triliun," kata Desmond kepada Liputan6.com, Senin (12/2/2024).

Dengan kapitalisasi pasar sebesar itu, GOTO-Grab akan menguasai pangsa pasar lebih dari 80 persen di Indonesia, alias monopoli. Bagi perusahaan, lanjut Desmond, akan menjadi baik karena tak perlu lagi andalkan strategi bakar uang. Artinya, terjadi efisiensi dari sisi pembiayaan atau cost.

"Lower cost ini ujungnya berpotensi peningkatan profit. Tapi konsumen akan menjadi pihak dirugikan krn akan bayar lebih mahal untuk menggunakan atau membeli produk jasa perusahaan," kata Desmond.

Senada, Direktur Eksekutif ICT Institute, Heru Sutadi menilai baik GOTO dan Grab sama-sama memiliki tren kinerja fundamental ke arah positif. Mengingat kabar merger ini belum mendapat konfirmasi resmi baik dari GOTO maupun Grab, maka membaiknya kinerja masing-masing dinilai menjadi pertimbangan keduanya untuk melanjutkan rencana merger.

"Peluang merger ada, tapi kalau masing-masing dalam kondisi positif tentu agak sulit menemukan alasan mengapa harus konsolidasi. Apalagi pasar Indonesia yang utamanya dipegang Goto dan Grab," kata Heru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemegang Saham

Sebelumnya, para pemegang saham utama kedua perusahaan disebut telah mendukung kesepakatan dan mendorong perundingan mengenai merger. Opsi-opsi yang telah dijajaki oleh perusahaan-perusahaan tersebut juga mencakup pemisahan pasar-pasar utama mereka, dengan Grab mendapatkan kendali atas basis mereka di Singapura dan beberapa pasar lainnya, sementara GoTo tetap memegang kendali di Indonesia.

Di sisi lain, valuasi nampaknya menjadi hambatan utama dalam kesepakatan. Pasalnya, saham GOTO telah anjlok sekitar 30 persen dalam 12 bulan terakhir. Kekhawatiran lainnya termasuk struktur kesepakatan dan tata kelola.

"kalau merger, karena pemain utama, langkah juga tidak cepat karena tentu harus menghadap KPPU untuk dievaluasi lebih dulu," tukas Heru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.
    Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.

    GoTo

  • Grab adalah sebuah perusahaan layanan dan jasa berbasis aplikasi yang berlokasi di Singapura.
    Grab adalah sebuah perusahaan layanan dan jasa berbasis aplikasi yang berlokasi di Singapura.

    Grab

  • Tokopedia adalah salah satu perusahaan perdagangan elektronik di Indonesia.

    Tokopedia

  • PT Gojek Indonesia atau bisa juga disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis aplikasi.
    PT Gojek Indonesia atau bisa juga disebut Gojek adalah sebuah layanan jasa berbasis aplikasi.

    GoJek

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Pasar adalah tempat orang berjual beli. Namun pasar berkaitan dengan kegiatannya, bukan tempatnya.

    pasar

  • merger

Video Terkini