Sukses

Begini Rencana Ekspansi BUMI Resources, Siapkan Capex Hingga USD 80 Juta di 2024

Volume produksi batu bara tahun 2024 mencapai 80 juta ton, namun hingga saat ini BUMI belum melakukan finalisasi untuk target kinerja pada tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Emiten tambang batu bara PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) menyiapkan dana belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar USD 40 juta sampai USD 80 juta.

“BUMI masih memiliki cadangan dan sumber batu bara yang sangat banyak di KPC dan Arutmin, sehingga dana capex 2024 yang akan digunakan sebesar USD 40 juta hingga USD 80 juta,” ujar Director/CFO BUMI, Andrew Beckham.

Volume produksi batu bara tahun 2024 mencapai 80 juta ton, namun  hingga saat ini BUMI belum melakukan finalisasi untuk target kinerja pada tahun ini.

Selain itu, perseroan juga memandang bahwa harga batu bara masih dapat mencapai peningkatan di tahun 2024, seiring situasi ketidakpastian geopolitik dunia dan musim dingin yang berdampak terhadap tingginya permintaan batu bara untuk energi listrik.

Berkat kondisi cuaca yang sangat mendukung di wilayah tambang, hingga akhir September 2023, BUMI mencatat total produksi sebesar 56,2 juta ton. Angka tersebut meningkat 5% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 53,7 juta ton.

Selain itu, perusahaan yang merupakan joint controlling antara Grup Bakrie dan Grup Salim akan melakukan berbagai rencana ekspansi dalam beberapa tahun ke depan. 

Salah satu agenda utamanya adalah melakukan ekspansi ke industri hilir batu bara, guna mendukung target pemerintah untuk dekarbonisasi Indonesia.

Hal ini juga merupakan bagian dari persyaratan perpanjangan Izin Usaha Pertambangan (IUPK) di kedua anak usaha BUMI, yaitu PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan PT Arutmin Indonesia (Arutmin).

"Perusahaan sangat terbuka untuk menjajaki kemitraan strategis dalam rangka efisisensi dan efektifitas untuk membiayai proyek hilirisasi ini,” ujar Director, and Corporate Secretary BUMI, Dileep Srivastava.

“Kami juga berusaha mencari teknologi terkini, pembeli potensial, pendanaan yang mendukung ESG, keuntungan dan kebijakan yang mendukung perusahaan untuk mendapatkan insentif menarik dari pemerintah demi terciptanya energi yang berkelanjutan,” tambah Dileep. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bumi Resources