Sukses

Waskita Beton Suplai Produk Proyek Dermaga untuk Lotte Chemical Indonesia

Raihan kontrak proyek dari PT Lotte Chemical Indonesia ini berlokasi di Cilegon, Banten dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,67 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) unjuk diri dalam proyek infrastruktur perairan melalui suplai produk untuk proyek pembangunan jetty atau dermaga untuk pengiriman produk dari pabrik kimia yaitu Lotte Chemical Indonesia New Ethylene Project (LINE Project). 

Raihan kontrak proyek dari PT Lotte Chemical Indonesia ini berlokasi di Cilegon, Banten dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,67 miliar. Vice President of Corporate Secretary WSBP, Fandy Dewanto mengatakan pengalaman WSBP dalam menyuplai produk dalam pembangunan infrastruktur tidak diragukan lagi.

Sehingga WSBP bisa mendapat kepercayaan untuk menyuplai Pembangunan pabrik Lotte Chemical ini,” ujar Fandy dalam siaran pers, dikutip Kamis (21/9/2023). 

Penyelesaian suplai proyek ini juga mendapat dukungan penuh dari Presiden RI Joko Widodo yang melakukan kunjungan langsung ke lokasi Proyek Lotte Chemical pada 12 September lalu. 

“Presiden mengatakan pabrik kimia ini ditargetkan selesai pada 2025 sehingga nantinya bisa menyuplai barang-barang petrokimia untuk lokal dan ekspor,” tuturFandy.

Untuk menyelesaikan komitmen besar tersebut, pada proyek ini Lotte Line Project ini khususnya pada area WP7 (Work Package 7/Paket Pekerjaan 7), WSBP menyuplai PC Beam dan PC Plank sebagai komponen Jetty Control Building (JCB). 

“Kami suplai untuk jetty seluas kurang lebih 1017 m2 yang bertujuan untuk mempermudah akses supply chain bahan baku material plastik curah dari kapal menuju tangki,” ujar dia. 

Adapun PC Beam (pengganti balok/seperti girder) berfungsi untuk menerima dan meneruskan beban horizontal maupun vertikal yang diterimanya, menuju balok maupun kolom struktur untuk diteruskan menuju pondasi. 

Sedangkan PC plank berfungsi untuk menyalurkan beban mati maupun hidup ke rangka pendukung sehingga menambah kekakuan sebuah bangunan. 

Sebanyak 65 pcs produk yang terdiri dari 40 pcs PC Beam dan 25 pcs PC Plank diproduksi dan dikirimkan langsung dari salah satu plant terbesar milik WSBP, yaitu Plant Bojonegara. Tidak hanya produk standar, Waskita Beton Precast juga memproduksi produk kustomisasi sebanyak 27 tipe produk dari total 65 pcs produk yang disuplai tersebut. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komitmen Waskita Beton Precast

Produk yang dikirimkan ini memiliki spesifikasi PC Beam dan PC Plank produk precast tanpa stressing dan rough surface (finishing permukaan kasar) pada produk di beberapa penampang untuk joint cor in situ. Fandy menyatakan bahwa seluruh proses produksi sudah selesai. 

Pengiriman PC Beam dilakukan bertahap melalui jalur darat menggunakan truk trailer, sedangkan PC Plank akan dikirimkan melalui jalur laut menggunakan tongkang secara langsung. 

“Saat ini seluruh proses produksi sudah selesai 100 persen dan produk telah sampai di lokasi proyek,”tambah Fandy.

Komitmen WSBP

WSBP berkomitmen untuk menyelesaikan suplai sesuai dengan target yang ditentukan. Selain itu dengan penggunaan produk precast untuk pembangunan jetty ini pengerjaan struktur bangunan JCB akan jauh lebih praktis, lebih presisi dan meminimalkan kesalahan dalam pengerjaan di proyek. 

Hal ini juga akan berdampak pada proses pemasangan yang akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan beton cast in situ. Nantinya WSBP akan kembali menyuplai PC Beam dan PC Plank untuk lanjutan dari proyek ini yaitu Berth 5 Jetty Lotte LINE Project WP7 dengan nilai kontrak sekitar Rp 4,61 miliar.

3 dari 4 halaman

Waskita Beton Suplai Precast di Proyek Jalan Tol IKN Senilai Rp 14,85 Miliar

Sebelumnya, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP)  mulai menyuplai beton pracetak/precast untuk proyek infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal itu sejalan dengan upaya penyelesaian mega proyek IKN Nusantara yang terus berjalan. 

Vice President of Corporate Secretary Fandy Dewanto mengatakan, ini merupakan proyek besar yang masuk dalam proyek strategis nasional, sehingga WSBP sangat mendukung untuk penyelesaiannya. 

"Kami suplai untuk pembangunan Jalan Tol IKN Simpang Tempadung - Jembatan Pulau Balang Segmen 5A di IKN senilai Rp 14,85 miliar,” ujar dia dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (17/9/2023).

Dia bilang, jalan tol sepanjang 6,675 km ini akan menggunakan produk PC-I girder yang berkualitas dari Waskita Beton Precast dengan spesifikasi panjang 40,8 m dan tinggi 2,1 m berjumlah 48 bentang.

Untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan di IKN, Waskita Beton Precast mengerahkan salah satu plant precast di Jawa Timur yaitu Plant Prambon yang memiliki total kapasitas produksi sebesar 425 ribu ton per tahun.

"Hingga saat ini progress produksi dan pengiriman sudah mencapai 100 persen langsung dari Plant Prambon melalui jalur laut via Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan telah sampai di Jetty HK, Pulau Balang, Tempadung, Balikpapan, Kalimantan Timur,” imbuhnya. 

Dengan dukungan plant serta sumber daya yang memadai optimis seluruh pesanan maupun pengerjaan proyek akan dapat diselesaikan dengan tepat waktu.

"WSBP dapat membuktikan bahwa perusahaan memiliki keunggulan baik secara kapasitas, kemampuan dalam menyelesaikan proyek secara tepat waktu dan pengiriman secara tepat waktu,” kata dia. 

Tidak hanya itu WSBP tengah melakukan kajian peluang mendirikan temporary plant dan telah melakukan kerja sama dengan supplier lokal di Palu untuk memastikan suplai bahan baku proyek IKN. 

Strategi ini dilakukan sebagai upaya dukungan penyelesaian IKN dan peningkatan penggunaan kandungan dalam negeri untuk proyek ini.

 

4 dari 4 halaman

Kontribusi di Pembangunan IKN Nusantara

Harapannya melalui proyek ini, WSBP dapat terus berkontribusi untuk pembangunan di IKN Nusantara dengan seluruh produk precast dan readymix yang berkualitas. Selain itu dalam prosesnya, WSBP mengklaim selalu menjaga dan menerapkan manajemen risiko dan tata kelola perusahaan yang baik guna mendapatkan proyek-proyek yang memang memiliki tingkat kesehatan keuangan yang baik. 

"WBSP menilai IKN adalah suatu peluang yang sangat bagus karena berpeluang menyerap kebutuhan yang menjadi core business perusahaan,” tandasnya. 

Waskita Beton Precast juga menyuplai produk readymix (Mutu Fc 10-Fc 50 dan Fs 45) untuk proyek Pembangunan Gedung Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung Kawasan Istana Kepresidenan RI, Pembangunan Jalan Kerja/Logistik IKN (KIPP) Paket Pembangunan Jalan Lingkar Sepaku Segmen 4, dan Proyek Tol Simpang Tempadung - Pulau Balang Seksi 5A.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini