Sukses

Bukalapak Bangkitkan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Pelajar SMK Melalui Program Belajar Digital

PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) bersama Yayasan Bakti Barito (YBB) dan Microsoft meluncurkan program 'Berkembang Bersama.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) bersama Yayasan Bakti Barito (YBB) dan Microsoft meluncurkan program 'Berkembang Bersama: Belajar Digital Bareng Bukalapak, YBB, dan Microsoft'.

Program ini didedikasikan sebagai bentuk pemberdayaan siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia untuk mengeksplorasi pengetahuan dan kapabilitas mereka melalui platform digital. Menariknya, kegiatan belajar ini dikemas dalam format virtual interactive yang membahas mengenai digital, soft & entrepreneurship skills.

Program Belajar Digital merupakan perwujudan dari keyakinan Bukalapak, Yayasan Bakti Barito dan Microsoft bahwa dengan memberdayakan generasi muda, pemberdayaan ekonomi digital negara akan meningkat dan memberikan dampak bagi kehidupan sosial dan ekonomi ke depannya.

Program ini juga bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemanfaatan teknologi. Oleh karena itu, para peserta dikenalkan dan diberikan All Access ke Akademi Jagoan, yaitu platform e-learning milik Bukalapak dan Microsoft yang dirancang bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan literasi digital dan kemampuan pengelolaan bisnis.

“Kami percaya bahwa pengembangan kapabilitas sumber daya manusia memiliki pengaruh besar bagi masa depan negara kita. Sebagai perusahaan yang ingin terus memberikan dampak, kami di Bukalapak juga ingin ambil bagian dalam mempersiapkan masa depan Indonesia yang lebih baik, salah satunya melalui kolaborasi dengan YBB dan Microsoft dalam memberikan akses pelatihan dan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi diri kepada calon-calon penerus bangsa” ujar AVP of PR Bureau Bukalapak, Monica Chua dalam keterangan resmi, Jumat (25/8/2023).

Berbagai ahli dalam pengembangan keahlian dan keterampilan turut dilibatkan dalam program ini. Termasuk Direktur SMK Kemendikbudristek, Wardani Sugiyanto. Kemudian Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, CFO dan Diversity & Inclusion Lead Microsoft Indonesia Krishna Worotikan, dan CEO Kumpul.ID Faye Wongso.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mendukung Program Belajar Digital

Diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMK di bawah ekosistem Yayasan Bakti Barito, antara lain SMKN 4 Surakarta, SMKN 3 Semarang, SMKN 2 Sukoharjo, SMK Tunas Harapan Pati, SMKN Kendal, SMK Mandala Bhakti, dan SMKN 8 Surakarta, program ini menjadi salah satu dari berbagai program Berkembang Bersama Bukalapak yang bertujuan membawa dampak positif yang lebih luas bagi para generasi muda, UMKM dan seluruh masyarakat Indonesia.

CFO dan Diversity & Inclusion Lead Microsoft Indonesia, Krishna Worotikan, menggarisbawahi pentingnya mendemokratisasi akses terhadap pendidikan dan teknologi, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital yang inklusif.

Sejalan dengan program Skills for Jobs Indonesia yang Microsoft luncurkan bersama Kemenko Bidang Perekonomian pada awal tahun ini, perusahaan bertujuan memberikan literasi digital, keterampilan digital, dan persiapan kerja gratis kepada sedikitnya satu juta masyarakat Indonesia sampai dengan 2024 mendatang.Dalam mencapai tujuan tersebut, kolaborasi dengan lebih banyak pihak memainkan peranan kritikal.

"Itulah sebabnya, melalui Microsoft Philanthropies, kami senang dapat mendukung Program Belajar Digital dengan menambahkan modul-modul pembelajaran yang kami miliki di platform Akademi Jagoan by Bukalapak. Mulai dari modul yang berkaitan dengan literasi digital dasar, analisis data, project management, hingga kewirausahaan,” ujar Krishna.

 

 

3 dari 4 halaman

Mitra Bukalapak Perkuat Transformasi Warung Melalui Strategi Komunikasi Pelanggan

Sebelumnya, Mitra Bukalapak, pemimpin pasar online-to-offline (O2O) di Indonesia, kembali melanjutkan rangkaian kegiatan edukatif bagi para pemilik warung dan usaha mikro, yaitu Spesial Kumpul Juwara (SKJ). Kali ini, SKJ digelar di Klaten pada Minggu, 16 Juli 2023  dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Selasa,  18 Juli 2023.

Acara ini dihadiri oleh ratusan anggota Komunitas Juwara, atau komunitas yang dibentuk oleh Mitra Bukalapak untuk mengumpulkan para pemilik warung, kios pulsa, dan agen individual yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pemilihan Klaten dan Yogyakarta tidak lepas dari potensi keduanya sebagai pusat kegiatan ekonomi di Jawa Tengah dan DIY. Wilayah-wilayah ini memang menawarkan peluang bisnis yang besar, tetapi ketatnya persaingan pasar membuat warung dan bisnis mikro perlu berupaya keras untuk memperluas jangkauan ke pelanggan.

Hal ini mendorong Mitra Bukalapak berkolaborasi dengan PT Ultrajaya Milk Industry & Trading, perusahaan terkemuka di sektor FMCG, untuk mengedukasi para Mitra Bukalapak tentang strategi upselling di SKJ Klaten dan Yogyakarta.

Dengan strategi ini, warung dan bisnis mikro lainnya dapat menarik minat lebih banyak pelanggan untuk bertransaksi dan meningkatkan penjualan.

"Mitra Bukalapak terus berkomitmen untuk mendukung transformasi warung menjadi usaha yang lebih maju dan modern, salah satunya dengan menyediakan berbagai variasi produk FMCG dan lebih dari 42 jenis produk virtual lewat aplikasi kami," ujar VP FMCG & Fresh Mitra Bukalapak, Caesario Parlindungan, seperti dikutip dari keterangan resmi, Kamis (20/7/2023).

Ia menuturkan, kapabilitas ini memungkinkan para Mitra menerapkan strategi upselling dan cross selling ke pelanggan.

 

 

4 dari 4 halaman

Seri Awal Kegiatan Komunitas Mitra Bukalapak

"Di kesempatan ini, kami menggandeng salah satu mitra brand FMCG kami, Ultrajaya, untuk memberikan edukasi kepada pemilik warung terkait pemahaman tentang keunggulan produk dan cara menjual dengan lebih baik, salah satunya strategi berjualan upselling. Dengan begitu, warung tidak hanya bertransformasi secara fisik, tetapi pemiliknya dapat juga meningkatkan kapabilitas berbisnisnya,” tutur dia.

SKJ Klaten dan Yogyakarta berfokus pada penguatan keterampilan komunikasi pemilik warung untuk menarik pelanggan. Sepanjang sesi diskusi, Mitra diajak memahami poin penting dalam strategi upselling atau memasarkan barang dalam jumlah lebih besar, termasuk produk-produk FMCG yang sedang laris di pasaran.

Para pemilik warung juga dapat mengaplikasikan langsung edukasi yang didapatkan melalui mini workshop serta mempelajari cara mentransformasi warung mereka lewat konten-konten edukasi di aplikasi Mitra Bukalapak.

SKJ Klaten dan Yogyakarta ini merupakan seri awal dari rangkaian kegiatan komunitas Mitra Bukalapak bersama Ultrajaya, yang selanjutnya akan digelar di Bandung, Palembang, dan Makassar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini