Sukses

Rayakan Ulang Tahun ke-13, Bukalapak Siap Perkuat Ekosistem dan Kapabilitas

Bukalapak telah memberdayakan lebih dari 22 juta UMKM hingga kini. Pada ulang tahun ke-13, Bukalapak angkat tema #AboveAndBeyond.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) menginjak usia ke-13 pada 10 Januari 2023. Peringatan ulang tahun menjadi momentum yang digunakan Bukalapak untuk mengapresiasi karyawan juga memotivasi seluruh bagian dari ekosistem Bukalapak untuk terus tumbuh dan memberikan dampak bagi masyarakat Indonesia.

"Bukalapak telah berkembang pesat sejak pertama kali didirikan pada 2010 sebagai platform e-commerce yang memberdayakan UMKM melalui teknologi. Kini, Bukalapak telah tumbuh menjadi perusahaan All-Commerce yang terus berinovasi dan memperluas ekosistem bisnisnya ke sejumlah lini," mengutip keterangan resmi Bukalapak, Rabu (18/1/2023).

Pada ulang tahun ke-13 ini, Bukalapak mengangkat tema #AboveAndBeyond demi mewakili semangat gotong royong Bukalapak dalam memperkuat kapabilitasnya untuk terus menciptakan dampak.

Saat ini Bukalapak telah memberdayakan lebih dari 22 juta UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia dan menjadi rumah bagi berbagai platform penyedia solusi, termasuk merchant solution, online-to-offline (o2o) bisnis, marketplace, gaming, e-Groceries, logistik, solusi e-Procurement, Keuangan & Investasi, platform pencari kerja dan masih banyak lagi.

Sepanjang tahun lalu, perseroan melewati sejumlah aksi penting. Di antaranya, Bukalapak resmi menunjuk Willix Halim sebagai Presiden Direktur/ CEO Bukalapak. Bukalapak membeli saham di Allo Bank bersama CT Corp dan Salim Group, sekaligus menggandeng salah satu retailer offline terbesar di Indonesia, Trans Retail Indonesia untuk meluncurkan AlloFresh.

Pada tahun yang sama, Bukalapak bekerja sama dengan Standard Chartered, Bukalapak meluncurkan BukaTabungan, layanan perbankan digital dan solusi Banking-as-a-service (BaaS) yang memanfaatkanjangkauan platform all-commerce Bukalapak. Tak hanya itu, Bukalapak keluar dari Counterfeit & Piracy Watch List milik European Commission, daftar tahunan platform digital yang dianggap mendukung pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertumbuhan Bisnis

Jumlah pengguna BukaPengadaan yang terdiri dari korporasi dan institusi pemerintah meningkat 80 persen dari tahun sebelumnya menjadi lebih dari 800.BukaPengadaan membantu lebih dari 1700 UKM (meningkat 44 persen YoY) dalam menjual barang dan jasa mereka kepada para perusahaan dan institusi pemerintah.

BukaSend mengirimkan lebih dari 2 juta paket ke seluruh Indonesia dengan 25 layanan kurir, membantu memberdayakan lebih dari 20.000 Mitra Bukalapak untuk menjadi agen kurir, dan menjadi salah satu agregator pertama yang menerima paketdropped-off dari berbagai marketplace sepanjang 2022. Pada tahun yang sama, Bukalapak sebagai mitra platform digital Kartu Prakerja menjadi market leader dengan share sebanyak 42 persen.

3 dari 3 halaman

Inisiatif ESG

Bukalapak telahmenyumbangkan 2,8 ton produk makanan kemasan dari gudang Mitra Bukalapak yang menghasilkan 3,7 ton total emisi CO2e jika produk tersebut akhirnya menjadi limbah makanan dalam program DBS ‘More Sustainability, Less Waste’.

Berkolaborasi dengan PlasticPay, Bukalapak mendorong pelanggan Mitra Bukalapak untuk mendaur ulang botol plastik bekas atau sampah daur ulang apapun ke Reverse Vending Machine.

Secara total, ada 18 warung yang berpartisipasi dalam fase percontohan dengan 50 kg sampah plastik dikumpulkan per bulan. Bukalapak mengadakan Cermat Hemat, serangkaian workshop dan sesi mentoring yang bertujuan mendorong UMKM untuk mengurangi sampah dengan mendaur ulangnya menjadi sesuatu yang layak dijual.

Sesi Cermat Hemat pertama diadakan pada Maret 2022 dengan lebih dari 700 UMKM mendaftar untuk mengikuti acara ini dari seluruh wilayah Indonesia. Tak hanya itu, Bukalapak membuat program Akar Kebaikan, sebuah inisiatif untuk melestarikan lingkungan dengan menanam 1.000 bibit pohon bakau yang terbukti menyerap karbon tingkat tinggi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.