Sukses

XL Axiata Rampungkan Pembelian Saham Hipernet Indodata Rp 335,32 Miliar

PT XL Axiata Tbk telah menyelesaian transaksi pembelian saham HI senilai Rp 335,32 miliar pada 2 Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (EXCL) telah merampungkan akuisisi atau pembelian 51 persen saham PT Hipernet Indodata (HI) pada Kamis, 2 Juni 2022.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Senin (6/6/2022), PT XL Axiata Tbk telah menyelesaian transaksi pembelian saham HI senilai Rp 335,32 miliar. Selanjutnya aksi korporasi itu akan disesuaikan dengan akun penutupan pada tanggal kejadian.

Dengan demikian, pemegang saham HI per 2 Juni 2022 antara lain PT XL Axiata Tbk sebesar 51 persen, PT Mitra Indo Asia sebesar 34,31 persen dan PT Magna Karya Archipelago sebesar 14,69 persen.

“Transaksi akan meningkatkan cakupan produk dan jasa yang ditawarkan oleh perseroan kepada pelanggan enterprise,” tulis manajemen perseroan.

Sebelumnya mengutip kanal Tekno Liputan6.com,  Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini menuturkan, proses teknis dan nonteknis pengambilalihan saham PT Hipernet Indodata berjalan lancar tanpa kendala berarti.

"Perseroan secara resmi telah mengumumkan dan melaporkan ke pihak otoritas terkait proses pengambilalihan saham PT Hipernet Indodata. Efektif per tanggal 2 Juni 2022, XL Axiara telah resmi memiliki 51 persen saham Hipernet," ujar Dian, dikutip dari keterangan XL Axiata.

Dian mengatakan, aksi korporasi ini bertujuan untuk memperkuat posisi dan memperluas cakupan layanan produk dan jasa terintegrasi di bisnis layanan digital kepada kalangan korporasi.

Dalam kesempatan yang sama, CEO PT Hipernet Indodata Sudianto Oei berharap agar aksi korporasi ini bisa menguntungkan semua pihak dan bermanfaat bagi kalangan korporasi, industri, dan masyarakat luas.

Hipernet Indodata merupakan managed service provider di bidang informasi dan teknologi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Layanan Hipernet

Layanan yang disediakan mencakup penyediaan serta pengelolaan sumber daya informasi dan teknologi, software, hardware, dan sumber daya manusia yang dibutuhkan. Hipernet juga bisa membantu mengelola sumber daya yang dimiliki pelanggan.

Layanan teknologi dan informasi yang ditawarkan mencakup mengelolaan internet, WiFi, cloud, layanan teknologi informasi profesional, dan layanan aplikasi bisnis lainnya.

Hipernet selama ini melayani pelanggan dengan kebutuhan korporasi di berbagai bidang. Mulai dari perhotelan, pariwisata, kesehatan, keuangan, hingga ritel. Pengambilalihan saham ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing perusahaan agar dapat menawarkan produk dan solusi layanan telekomunikasi ke pasar korporasi/enterprise.

Segmen korporasi yang saat ini di layani oleh XL Axiata Business Solutions merupakan salah satu fokus XL Axiata. Pasalnya, layanan solusi bisnis menyumbang angka signifikan untuk mendukung kinerja perusahaan, dengan meningkatnya kebutuhan industri korporasi terhadap layanan ICT terintegrasi.

3 dari 4 halaman

Perkuat Bisnis Korporasi XL Axiata

XL Axiata memiliki visi mengedepankan layanan konvergensi guna mendukung kegiatan operasional perusahaan-perusahaan/korporasi tersebut.

Secara bisnis, bergabungnya PT Hipernet Indodata akan memperkuat posisi XL Axiata sebagai penyedia layanan digital untuk pasar korporat.

Sekadar informasi, XL Axiata kini melayani lebih dari 57 juta pelanggan. Untuk memberikan layanan, XL Axiata diperkuat lebih dari 133 ribu BTS, termasuk lebih dari 83 ribu BTS 4G.

XL Axiata juga terus memperluas jaringan 4G-nya, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 460 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya penggunaan masyarakat terhadap layanan telekomunikasi termasuk layanan data.

 

4 dari 4 halaman

XL Axiata Akuisisi 51 Persen Saham Hipernet Indodata

Sebelumnya, PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengambilalih saham atau akuisisi PT Hipernet Indodata pada 22 Maret 2022 senilai Rp 321,30 miliar

Hal itu disampaikan PT XL Axiata Tbk dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Rabu (23/3/2022). PT XL Axiata Tbk telah menandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat dengan Bridgefield Prime Investments Pte Ltd, Ameisys Global Technologies Pte Ltd, PT Mitra Indo Asia dan PT Magna Karya Archipelago selaku pemegang saham PT Hipernet Indodata pada 22 Maret 2022.

"Dengan ditandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat, perseroan akan memiliki 51 persen saham PT Hipernet Indodata atau 2.805 lembar saham dengan nilai transaksi Rp 321,30 miliar,” tulis perseroan.

Adapun pengambilalihan saham ini bertujuan meningkatkan cakupan produk yang ditawarkan oleh perseroan kepada pelanggan perseroan.

"Rencana pengambilalihan akan meningkatkan cakupan produk yang ditawarkan oleh perseroan kepada pelanggan enterprise,” tulis perseroan.

Mengutip laman Hypernet, Hypernet adalah perusahaan managed service provider dengan kapasitas layanan informasi dan teknologi yang sepenuhnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Sebagai perusahaan managed service provider, Hypernet menawarkan layanan penyediaan dan pengelolaan sumber daya informasi dan teknologi baik berupa perangkat lunak dan perangkat keras, beserta sumber daya manusia yang dibutuhkan ataupun dimiliki oleh pelanggan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.