Sukses

Saratoga Investama Sedaya Investasi Rp 1,32 Triliun pada 2021

Selama 2021, sejumlah langkah penting telah dilakukan Saratoga, antara lain dengan melakukan investasi baru di tiga perusahaan startup.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan investasi, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) telah investasi sebesar Rp 1,32 triliun pada 2021.

Hal tersebut disampaikan Direktur Investasi Saratoga Devin Wirawan melalui siaran persnya, yang dikutip Liputan6.com, Rabu (16/3/2022).

Selama 2021, sejumlah langkah penting telah dilakukan Saratoga Investama Sedaya, antara lain dengan melakukan investasi baru di tiga perusahaan startup, yaitu Xurya Daya Indonesia (Xurya), SIRCLO dan Fuse, juga investasi di perusahaan media digital dan periklanan yakni City Vision.

Selain itu, Saratoga juga menambah  kepemilikan sahamnya hingga akhir Desember 2021 dibandingkan Desember 2020, di PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX) dari 52,21 persen menjadi 56,69 persen dan PT Aneka Gas  Industri Tbk. (AGII) dari 8,39 persen menjadi 9,31 persen.

Devin mengatakan, Saratoga telah berhasil menjaga efisiensi operasional dan kemampuan neraca yang kuat. Rasio biaya operasional terhadap NAV tercatat sebesar 0,3 persen, sementara rasio pinjaman sekitar 5,8 persen.

"Kami terus berusaha untuk menjaga ruang efisiensi biaya operasional dan biaya pinjaman,” kata Devin.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Investasi Baru Saratoga

Adapun profil perusahaan investasi baru Saratoga di tahun 2021 adalah sebagai berikut:

1. City Vision

Sebagai perusahaan Media Luar Ruang terkemuka dan paling inovatif di Indonesia, City

Vision mengembangkan bisnis dengan menyediakan produk Brand Recall dan Penelitian Efektivitas Situs yang mendalam kepada Pengiklan dan Agen Periklanan.

Didukung oleh tim kreatif digital yang memiliki kemampuan teruji dalam menyusun strategi kampanye digital, City Vision juga merupakan pemimpin di Media Angkutan Umum (Transit) dengan jaringan Stasiun Kereta Commuter Line terbesar dan tersibuk di Jakarta dengan potensi penumpang hampir 10 juta orang setiap minggu.

2. Xurya Daya Indonesia (Xurya)

Xurya adalah perusahaan energi terbarukan terkemuka di pasar yang memberikan kemudahan transisi ke energi surya bagi para pelaku industri melalui kontrak sewa jangka panjang.

Perusahaan saat ini telah mengoperasikan hampir 60 aset surya atap dengan 38 situs lainnya masih dalam konstruksi dari berbagai sektor konsumen seperti manufaktur, logistik, hotel, dan pusat perbelanjaan. Sebagai perusahaan yang fokus dalam mendukung program pemerintah mengurangi emisi gas karbon, Xurya juga menawarkan solusi satu atap untuk kebutuhan tenaga surya mulai dari studi kelayakan, pemasangan hingga pengoperasian dan pemeliharaan.

3. SIRCLO

Perusahaan merupakan solusi e-commerce terkemuka di Indonesia yang membantu bisnis memasuki pasar online. SIRCLO menawarkan dua kategori solusi yaitu solusi pengusaha (Sirclo Store – dasbor untuk manajemen toko online) dan solusi perusahaan (yaitu SIRCLO Commerce – layanan dan teknologi enabler e-commerce untuk pengembangan omni channel melalui iCube).

Saat ini SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 merek untuk mengembangkan bisnis online mereka seperti Unilever, Reckitt Benckiser, KAO, L'Oréal, dan Levi's.

4. Fuse

Perusahaan ini merupakan platform insuretech yang menghubungkan berbagai produk asuransi dari banyak perusahaan asuransi dengan berbagai sarana distribusi, saluran, atau mitra. Fuse, dengan teknologi yang dikembangkannya membuat asuransi menjadi semakin mudah diakses, tersedia secara instan dan terjangkau bagi semua orang.

3 dari 4 halaman

Investasi Sebelumnya

1. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG)

Kinerja TBIG semakin menemukan momentumnya di tengah gelombang digitalisasi yang terjadi sejak pandemi COVID-19 dua tahun terakhir. Sampai kuartal III-2021, TBIG telah mengoperasikan 20.000 situs dengan 38.000 penyewa, meningkat daripada sepanjang tahun 2020 dengan 16.000 situs dan 32.000 penyewa.

Pada 2021, TBIG mengakuisisi 3.000 tower dari PT Inti Bangun Sejahtera Tbk (IBST) senilai USD 280 juta dengan pendanaan internal dan fasilitas bank.

Pada 2021, TBIG juga sukses menerbitkan dua obligasi USD senilai total USD 650 juta, keduanya mendapatkan peringkat BBB- oleh Fitch Ratings Ltd dan lima obligasi rupiah dengan denominasi total Rp 6,5 triliun.

2. PT Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA)

Pada 2021, perusahaan berhasil memproduksi emas sebanyak 124.730 oz, di atas target 100.000-120.000 oz. Sementara produksi tembaga mencapai 19.045 ton, meningkat tajam dibandingkan 2020 sebanyak 5.377 ton. Produksi tembaga pada 2021 juga di atas target perusahaan sebanyak 15.500 -18.500 ton.

Pendapatan konsolidasi MDKA tahun 2021 senilai USD 381 juta, tumbuh 18 persen dibandingkan USD 322 juta pada 2020. EBITDA perusahaan mencapai USD 221,0 juta atau naik 47 persen daripada 2020 sebesar USD 151 juta.

Pada 2021, perseroan akuisisi 50,1 persen saham PT Andalan Bersama Investama, pemilik PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM). Setelah transaksi, MDKA menguasai mayoritas saham di Proyek Emas Pani melalui PT Pani Bersama Jaya (PBJ) dan GSM. Proyek Pani diperkirakan memiliki sumber daya 4,7 juta ons emas dengan potensi produksi tahunan sebesar 250 ribu ons selama lebih dari 15 tahun.

Pada 21 Desember, MDKA menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) untuk terlibat dalam kemitraan strategis dengan Hong Kong Brunp Catl Co. Ltd. (afiliasi dari Contemporary Amperex Technology Co. Ltd.-CATL) untuk fokus pada rantai pasokan logam baterai di Indonesia.

3. PT Adaro Energi Indonesia Tbk. (ADRO)

Pada 2021, EBITDA operasional perusahaan tumbuh 138 persen menjadi USD 2,1 miliar daripada USD 883 juta di 2020. EBITDA tahun 2021 juga melampaui target perusahaan sebesar USD 1,8 – USD 1,9 miliar. Laba inti ADRO tahun lalu naik pesat ke USD 1,3 miliar dibandingkan USD 405 juta pada 2020.

Lonjakan harga batu bara dari USD 80 per ton di awal 2021 menjadi USD 150 per ton pada akhir tahun menjadi katalis positif bagi kinerja ADRO.

Tingginya kebutuhan batu bara global di tengah keterbatasan pasokan menjadi faktor pendorong harga batu bara terus menembus level harga tertingginya di dunia.

Pada 21 Desember, ADRO akuisisi 3,7 persen saham PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) senilai Rp 359 miliar. Pada hari yang sama, perusahaan juga menandatangani Letter of Intention to Invest (LoI) senilai total USD 728 juta untuk membangun smelter aluminium di Green Industrial Park Indonesia (Kalimantan Utara) terbesar di dunia yang dikembangkan oleh PT Kalimantan Industrial Park Indonesia.

4. PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX)

MPMX berhasil mencatat pertumbuhan pendapatan dua digit dengan pemulihan laba bersih yang signifikan dalam sembilan bulan pertama tahun 2021. Penjualan nasional kendaraan roda dua tumbuh menjadi 5,1 juta unit di 2021 berbanding 3,7 juta unit pada 2020 menjadi sumber pertumbuhan MPMX, selain kemampuan untuk menjalankan efisiensi biaya dan optimalisasi pasar.

Pada 2021 MPMX merilis Program Transformasi Digital internal yang disebut MPMXplore untuk meningkatkan pertumbuhan dan membuka nilai dari bisnis.

Sebagai bagian dari ini, MPMX memperluas bisnis lelang offline (AUKSI) mereka menjadi platform online dan juga meluncurkan OtoDeals (www.otodeals.com) platform penjualan mobil bekas inovatif.

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. PT Aneka Gas Industri Tbk. (AGII)

Pada 21 Maret perusahaan menyelesaikan akuisisi 2 unit operasi yaitu Cikande - Banten dan Gresik - Jawa Timur dari PT Samator dengan tambahan aset sebesar Rp 600 miliar. Akuisisi tersebut dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, meningkatkan pangsa pasar, serta mempercepat pertumbuhan pendapatan dan laba.

6. Primaya Hospital

Selama 2021, Primaya Hospital telah meluncurkan 5 rumah sakit baru yaitu Primaya Hopital Bhakti Wara - Bangka Belitung, Primaya Hospital Sukabumi - Jawa Barat, Primaya Hospital Pasar Kemis - Banten, Primaya Hospital Semarang - Jawa Tengah, dan Primaya Hospital PGI Cikini - Jakarta.

Primaya Hospital merencanakan untuk meluncurkan 3 - 4 rumah sakit baru per tahun. Ekspansi tersebut telah mendorong Primaya Hospital mampu mencatatkan kinerja keuangan yang kuat dalam hal pendapatan dan EBITDA.

7. MGM Bosco Logistics (MBL)

MBL merupakan perusahaan logistik terkemuka dalam hal menyediakan jasa rantai pendingin berbasis truk dan jasa penyimpanan ruang pendingin di Indonesia. Pada 2021, pembangunan MBU (fasilitas cold storage Mulia Bosco Utama-Bekasi) fase 2 selesai lebih cepat dari jadwal pada 21 September dan menambahkan sekitar 30 persen kapasitas penyimpanan ke fasilitas yang ada.

 8. Deltomed

Pada 2021 perusahaan meluncurkan 3 produk herbal baru untuk mengoptimalkan peluang pasar. Produk tersebut adalah Antangin Goodnight, tablet herbal yang membantu meningkatkan kualitas tidur, Antangin Habbatussauda mengobati gejala flu sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh, dan Kojima Candy, permen campuran herbal (termasuk Habbatussauda dan madu). Deltomed mencatat pertumbuhan pendapatan dua digit yang kuat di 2021.

 

 

Reporter: Elizabeth Brahmana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.