Sukses

Bantu Pembiayaan UMKM, Bukalapak Luncurkan BukaPengadaan Financial pada 2022

Liputan6.com, Jakarta - PT Bukalapak.com (BUKA) terus mengembangkan ekosistem digital yang dimiliki perusahaan. Teranyar, AVP of Operation & Marketing Analytics BukaPengadaan, Andry Jachja memperkenalkan platform baru yang akan diluncurkan tahun depan, yakni BukaPengadaan Financing.

Platform tersebut memungkinkan pelaku UMKM, korporasi, maupun institusi memperoleh pembiayaan untuk pengadaan hingga Rp 2 miliar. Fitur yang akan ditawarkan platform ini antara lain bunga ringan, tenor panjang, serta pengajuan yang mudah dan cepat.

"Saat ini kita sedang kembangkan satu platform, bekerja sama dengan mitra finansial, baik bank maupun peer to peer untuk memberikan bunga ringan, tenor panjang, dan pengajuan mudah dan cepat secara efisien dan digital. Ini adalah produk yang akan dilaunching kemungkinan di awal 2022," kata dia dalam video konferensi, Selasa (7/12/2021).

Andry mengatakan, inovasi ini salah satunya merujuk pada kondisi pandemi yang belum bisa dipastikan kapan selesai. Sehingga dia menuturkan, UMKM masih membutuhkan bantuan utamanya dari sisi pendanaan.

Harapannya, inovasi ini dapat mendorong UMKM naik kelas, sejalan dengan visi Bukalapak untuk menciptakan ekonomi yang adil dan merata.

"Pengaruh COVID-19 belum selesai. Sehingga kami melihat UMKM masih butuhkan bantuan, dan setiap partner kami siap berikan bantuan pembiayaan sampai dengan Rp 2 miliar," pungkasnya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Fitur BukaSend

Sebelumnya, PT Bukalapak.com atau Bukalapak (BUKA) hadirkan fitur BukaSend untuk aplikasi Mitra Bukalapak. Sebelumnya, fitur tersebut hanya ada di aplikasi marketplace Bukalapak.

President Commerce & fintech Bukalapak, Victor Lesmana menuturkan, penambahan fitur ini dalam rangka membantu menyediakan agen logistik di daerah yang belum terjangkau perusahaan logistik.

Selain itu, bagi Mitra Bukalapak sendiri dapat memperoleh penghasilan tambahan dari aktivitasnya menjadi agen dalam fitur BukaSend.

"Berdasarkan hasil survey dan masukan yang kita dapat dari komunitas Mitra Bukalapak, potensi peningkatan penghasilan mereka bisa sampai Rp 14 juta. Sehingga ini jadi benefit untuk peningkatan UMKM,” kata Victor dalam Media Briefing Bukalapak, Selasa, 30 November 2021.

BukaSend adalah fitur di Bukalapak yang dapat dimanfaatkan pengguna Bukalapak untuk mengirim paket tanpa perlu pergi ke agen pengiriman.

Melalui fitur ini, pengguna akan mendapatkan berbagai macam kemudahan. Seperti mendapatkan banyak pilihan jasa pengiriman, pembayaran secara aman, paket yang langsung dijemput oleh kurir, dan mendapatkan live tracking pengiriman.

"Sejak kita luncurkan beberapa bulan terakhir, kita melihat pertumbuhan yang menggembirakan dari jumah agen BukaSend. Saat ini ada lebih dari 12.000 agen yang aktif melayani jasa pengiriman yang tersebar di seluruh Indonesia,"ungkap Victor.

Persebaran itu berada di lebih dari 400 kota yang ada di Indonesia. Retention rate dari fitur ini mencapai 80 persen, artinya mayoritas Mitra Bukalapak menggunakan fitur BukaSend. Sehingga penambahan agen logistik melalui Mitra Bukalapak menjadi cukup besar.

3 dari 3 halaman

Dongkrak Pendapatan

Salah satu Mitra Bukalapak serta Agen BukaSend, Agus menyampaikan semenjak melayani pengiriman barang dengan fitur Agen Pengiriman, Agus berhasil menaikkan pendapatannya secara signifikan.

"Saya bisa mendapatkan hingga Rp 14 juta per bulan dengan menjadi Agen BukaSend. Tentunya senang sekali karena dengan modal yang sangat minim, saya bisa mendapatkan penghasilan tambahan sebagai Mitra Bukalapak. Semoga bisnis saya bisa terus berkembang dan naik kelas," ungkap Agus.

Proses untuk menjadi Agen BukaSend sangat mudah. Cukup download aplikasi Mitra Bukalapak, kemudian pilih menu Agen BukaSend dan isi data pengirim dan penerima, lalu Mitra sudah bisa mengirimkan barang.