Sukses

Anak Usaha AKR Corporindo Jajaki Pengembangan PLTS di Kawasan JIIPE

PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) sedang menjajaki mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya PV di KEK IIPE di Gresik, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - PT Berkah Manyar Sejahtera (BKMS)  anak Perusahaan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA)  sedang melakukan studi kelayakan untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya PV di KEK Java Integrated Industrial and Ports Estate (KEK JIIPE) di Gresik, Jawa Timur.

Direktur PT AKR Corporindo Tbk, Suresh Vembu mengatakan, pengembangan pembangkit listrik berbasis energi terbarukan di KEK JIIPE penting karena penyewa kemungkinan akan lebih memilih menggunakan energi yang lebih bersih untuk bisnisnya.

KEK JIIPE merupakan kawasan terpadu pertama di Indonesia, dengan luas total 3.000 hektar, yang terdiri dari kawasan industri, pelabuhan multiguna, pusat logistik, kawasan berikat, kawasan rekreasi, kawasan komersial, dan kota residensial.

Sejumlah perusahaan telah menjadi tenant di KEK- JIIPE termasuk PT Freeport Indonesia yang akan mengembangkan smelter berkapasitas 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.

 AKR berhak mengembangkan captive power plant hingga 515 MW di JIIPE.  Saat ini  KEK JIIPE mengoperasikan pembangkit listrik berbahan bakar gas 23 MW untuk memenuhi kebutuhan para penyewa.

“Kami melihat potensi besar untuk mengembangkan panel surya di atap, panel surya di darat dan di badan air di JIIPE karena kami memiliki kawasan industri yang sangat besar,” ujar dia dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat, (20/8/2021).

Ia mengatakan, dengan lisensi IUPTL dapat menghasilkan daya dari sumber terbarukan dan memasok untuk penyewa perseroan. Selain itu, perseroan juga telah teken joint venture dengan BBG untuk pasokan gas alam ke pembangkit listrik perseroan dan semua penyewa.

"Kami melihat potensi untuk menghasilkan daya hingga 100 MW dari energi terbarukan, sekarang juga JIIPE menggunakan energi bersih, pembangkit listrik kami saat ini juga didukung oleh gas,” ujar dia.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerak Saham AKRA

Pada penutupan perdagangan saham Jumat, 20 Agustus 2021, saham PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) naik 1,1 persen ke posisi Rp 3.640 per saham.

Saham AKRA berada di level tertinggi Rp 3.650 dan terendah Rp 3.590 per saham. Total frekuensi perdagangan 1.019 kali dengan volume 57.265. Nilai transaksi Rp 20,8 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.