Sukses

AKRA Gandeng BBG Bikin Perusahaan Patungan untuk Distribusi Gas Bumi

PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) dan PT Bayu Buana Gemilang Tbk (BBG) bersinergi mendistribusikan energi yang dapat dijangkau oleh para pelaku industri.

Liputan6.com, Jakarta - PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) telah teken perjanjian usaha patungan antara Perseroan dengan PT Bayu Buana Gemilang (BBG) pada Rabu, 4 Agustus 2021. Hal ini merupakan bentuk kerja sama kedua perusahaan dalam penyediaan gas alam di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE, Gresik, yang berkedudukan di Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur.

Dilansir dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (4/8/2021), kedua perusahaan juga menandatangani akta pendirian perseroan terbatas PT Berkah Buana Energi yang berkedudukan di Gresik, Jawa Timur. PT AKR Corporindo Tbk menggenggam 65 persen saham PT Berkah Buasa Energi, sisanya 35 persen dipegang oleh BBG.

"PT Berkah Buana Energi akan melakukan pembangunan, pengelolaan, dan pengembangan usaha Perseroan. Di mana usaha tersebut fokus dalam mengembangkan suatu jaringan awal penyaluran gas melalui pipa dari lokasi sumber gas ke pelanggan di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur," tutur Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk Haryanto Adikoesoemo, seperti dikutip, Rabu (4/8/2021).

Dalam keterangan tertulis, Haryanto menuturkan, AKR Corporindo dan BBG bersinergi untuk mendistribusikan energi yang dapat dijangkau oleh para pelaku industri.

Gas alam merupakan salah satu sumber energi yang paling bersih dengan intensitas karbon yang rendah, teraman, dan paling berguna dari semua sumber energi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Strategi Pertumbuhan AKRA

Ia menambahkan, PT Berkah Buana Energi, adalah bagian dari strategi pertumbuhan AKR untuk menambahkan bahan bakar lebih bersih dan energi terbarukan dalam portofolio produk.

"AKR telah menjadi distributor utama produk BBM dan bahan kimia dasar untuk pelanggan industri, dan kami sangat senang dapat bermitra dengan BBG untuk mengembangkan portofolio produk kami," ujar dia.

Adapun transaksi ini bukan merupakan transaksi material sebagaimana dimaksud dalam PEraturan OJK No.17/POJK.04/2020 tentang transaksi material dan perubahan kegiatan usaha.

Serta bukan merupakan transaksi afiliasi sebagaimana dimaksud dalam Peraturan OJK No.42/POJK.04/2020 tentang transaksi afiliasi dan benturan kepentingan. BBG merupakan salah satu perusahaan swasta terkemuka di sektor hilir gas bumi di Indonesia.

Bisnis utamanya adalah perdagangan dan distribusi gas bumi dengan menggunakan berbagai teknologi. Di antaranya melalui pipa, compressed natural gas (CNG), liquefied natural gas (LNG), gas untuk kendaraan bermotor (NGV), dan pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) melalui anak perusahaannya.

3 dari 3 halaman

Gerak Saham AKRA

Pada penutupan perdagangan Rabu, 4 Agustus 2021, saham AKRA stagnan di posisi Rp 3.550 per saham. Saham AKRA dibuka turun 50 poin ke posisi Rp 3.500 per saham.

Saham AKRA berada di level tertinggi Rp 3.550 dan terendah Rp 3.490. Total frekuensi perdagangan 1.510 kali dengan volume perdagangan 51.734. Nilai transaksi Rp 18,2 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.