Sukses

Kisaran Harga IPO Bukalapak Rp 750-Rp 850, Ini Kata Analis

Bukalapak akan melepas sebanyak-banyaknya 25.765.504.851 lembar saham dengan nilai nominal Rp 50 dalam rangka IPO.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bukalapak.com (Bukalapak) akan segera mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hal ini secara resmi telah diumumkan dalam paparan publik yang diselenggarakan Jumat, (9/7/2021).

Dalam prospektusnya, Bukalapak akan melepas sebanyak-banyaknya 25.765.504.851 lembar saham dengan nilai nominal Rp 50. Jumlah saham yang ditawarkan itu sebanyak-banyaknya sebesar 25 persen dari modal ditempatkan dan disetor perseroan setelah IPO.

Kisaran harga penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) Rp 750-Rp 850. Perseroan diperkirakan meraup dana sebanyak-banyaknya Rp 21,90 triliun.

Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia, Sukarno Alatas menilai, kisaran harga yang ditawarkan dalam IPO Bukalapak ini tergolong murah. Merujuk pada perhitungan rasio PBV (Price to Book Value) yang berada di bawah rata-rata industrinya.

"Kalau dilihat dari segi rasio PBVnya berada di 3,7 kali - 4,2 kali. Tapi jika dibandingkan rata-rata industrinya masih di bawah AVG industri di 8,6 kali, tergolong murah. kata dia kepada Liputan6.com, Jumat (9/7/2021).

Perusahaan All-Commerce ini akan menjadi unicorn Indonesia yang pertama melantai di BEI. Sukarno memperkirakan, kapitalisasi pasar Bukalapak berpotensi mencapai Rp 88 triliun. "Potensi market cap berada di Rp 77 triliun sampai dengan Rp 88 triliun," ia menambahkan.

Sehubungan dengan itu, Sukarno mempersilahkan investor untuk melirik saham IPO Bukalapak. Namun, ia menilai perlu ada pertimbangan hati-hati setelah pencatatan saham. Bukalapak akan menjalankan penawaran awal (bookbuilding) dan roadshow sejak tanggal 9 Juli hingga 19 Juli 2021. Pernyataan efektif dari OJK diharapkan terbit pada 26 Juli 2021.

Selanjutnya, penawaran umum ditargetkan dapat dilaksanakan pada 28 Juli - 30 Juli 2021 dan pencatatan di BEI dengan kode saham 'BUKA' dijadwalkan pada 6 Agustus 2021.

"Rekomendasinya netral saja. Boleh buy, tapi tetap hati-hati setelah listing nanti. Karena penguatannya tidak akan terlalu signifikan, karena total emisinya yang besar,” pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukalapak Bakal Jadi Unicorn Pertama yang Catat Saham di BEI

Sebelumnya, PT Bukalapak.com Tbk (Bukalapak) resmi mengumumkan rencana untuk melaksanakan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO).

Perusahaan All-Commerce ini akan menjadi unicorn Indonesia yang pertama melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Informasi ini disampaikan dalam kesempatan kegiatan paparan publik yang digelar secara virtual, dan  dihadiri oleh Chief Executive Officer Bukalapak, Rachmat Kaimuddin didampingi oleh jajaran direksi, dan jajaran Komisaris Bukalapak, serta turut mengundang para investor dan calon investor, baik dari kalangan institusi maupun ritel. 

Bukalapak akan menjalankan penawaran awal (bookbuilding) dan roadshow sejak 9 Juli-19 Juli 2021. Pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan terbit pada 26 Juli 2021.

Selanjutnya, penawaran umum ditargetkan dapat dilaksanakan pada 28 Juli - 30 Juli 2021 dan pencatatan di BEI dengan kode saham BUKA dijadwalkan pada 6 Agustus 2021.

"Melalui rencana  IPO ini, kami yakin, dapat semakin memperkuat jaringan bisnis dan memberikan kesempatan kepada siapapun untuk berkembang bersama guna mewujudkan ekosistem digital, serta memajukan UMKM di Indonesia. Hal ini sejalan dengan misi Bukalapak untuk mewujudkan perekonomian yang adil bagi semua," ujar CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin, dalam keterangan tertulis, Jumat, (9/7/2021).

Dalam IPO ini, Bukalapak telah menunjuk PT Mandiri Sekuritas dan PT Buana Capital Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek. Adapun PT UBS Sekuritas Indonesia dan PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia telah juga ditunjuk untuk bertindak sebagai Penjamin Emisi Efek.

IPO ini juga akan ditawarkan kepada investor internasional, sehingga Bukalapak mempercayakan UBS AG Singapore Branch dan Merrill Lynch (Singapore) Pte. Ltd. bertindak sebagai joint global coordinators dan joint bookrunners untuk memasarkan IPO ini kepada investor internasional. 

Sesuai rencana, dana hasil IPO akan digunakan untuk modal kerja perusahaan dan entitas anak. Sebagai perusahaan berbasis teknologi, Bukalapak akan terus melakukan inovasi tidak hanya di layanan online, tapi juga offline. Dengan demikian, siapapun dapat mengaksesnya untuk kegiatan dagang dan bisa dari mana saja. 

3 dari 4 halaman

Tumbuh dan Berkembang

Selama 11 tahun perkembangannya, Bukalapak memiliki model bisnis yang terbukti sehat. Pada 2020, total processing value (TPV) perseroan mencapai RP 85 triliun.

Hingga 31 Desember 2020, jumlah pengguna yang terdaftar sebanyak 104,9 juta. Adapun dari TPV tersebut, sekitar 70 persen transaksi berasal dari kota-kota di luar wilayah tier 1. Ini bukti dari fokus Bukalapak dalam hal pemerataan ekonomi nasional.

Bukalapak pun bertumbuh dengan performa finansial yang terus meningkat, strategi bisnis yang efektif, dan didukung oleh potensi pasar yang besar. Dari 2018 hingga 2020, rata-rata tingkat pertumbuhan tahunan (compound annual growth rate/CAGR) pendapatan perseroan mencapai 115 persen.

Pada 2020, pendapatan Bukalapak sebesar Rp 1,35 triliun. Tahun ini, Bukalapak terus berkembang menjadi perusahaan teknologi yang tidak hanya memberikan manfaat bagi UMKM secara online, tapi juga melalui platform dan layanan offline.

Perseroan memiliki rekam jejak program online to offline (O2O) yang dikenal dengan nama Mitra Bukalapak yang telah terbukti menunjukkan hasil yang bertumbuh secara signifikan. Pertumbuhan pendapatan mitra Bukalapak dari 2018 hingga 2020 lebih dari 1.200 persen.

Berdasarkan riset Frost & Sullivan, Bukalapak merupakan platform e-commerce yang paling banyak memiliki jaringan mitra di Indonesia. Tahun lalu, sekitar 27 persen dari TPV Bukalapak berasal dari mitra.

Per akhir Desember 2020, jumlah mitra yang terdaftar sebanyak 6,9 juta dengan pertumbuhan penjualan per mitra setelah bergabung mencapai tiga kali lipat, berdasarkan estimasi internal perusahaan.

 

4 dari 4 halaman

Platform All Commerce

Melalui IPO, Bukalapak ingin melibatkan lebih banyak masyarakat untuk mendukung perkembangan perusahaan lokal dalam memajukan perekonomian bangsa. Sebagai perusahaan All-Commerce, Bukalapak melayani inti dari ekonomi konsumen Indonesia yang terdiri atas physical products, virtual products, SaaS, dan financial inclusion.

Platform All-Commerce tersebut menjadi salah satu kekuatan kompetitif yang dimiliki Bukalapak. Selain itu, kepemimpinan pasar yang semakin nyata di pasar ritel mikro offline juga menjadi kekuatan  Bukalapak. Di samping itu, Bukalapak merupakan pemain All-Commerce yang sukses dari inisiatif O2O, memiliki komitmen yang kuat untuk memimpin dalam hal teknologi, dan pertumbuhan yang menuju profitabilitas.

Tim manajemen Bukalapak juga didukung oleh pemegang saham dengan kepentingan strategis yang selaras, mampu mendorong manfaat sosial bagi mitra dan komunitas Bukalapak, serta memiliki peluang yang sangat besar untuk e-commerce Indonesia dan pasar ritel mikro offline. 

"Saya mengapresiasi kinerja perusahaan dan mendukung langkah manajemen untuk melakukan IPO Penawaran Umum Perdana Saham di tahun ini. Kami yakin, sebagai All Commerce ekosistem digital, Bukalapak dapat menjadi salah satu perusahaan publik dengan kinerja terbaik. Dengan menggabungkan bisnis offline dan online, saya yakin tingkat pertumbuhan perusahaan ini akan lebih optimum,” ujar Presiden Komisaris Bukalapak, Bambang Brodjonegoro yang disampaikan secara tertulis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.