Sukses

IHSG Diramalkan Menguat Tipis, Cermati Saham Pilihan Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan bergerak menguat pada perdagangan Selasa pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan bergerak menguat pada perdagangan Selasa pekan ini. Namun penguatan tersebut tidak akan besar. 

Head of Research Reliance Sekuritas Lanjar Nafi meramalkan, IHSG akan cenderung menguat tipis pada perdagangan saham Selasa pekan ini.

"IHSG akan bergerak menguat tertahan kembali mendekati level psikologis 6.000 pada rentan pergerakan 5.887-5.964," jelas dia, Selasa (20/8/2018). 

Senada, analis PT Binaartha Parama Sekuritas Muhammad Nafan Aji memprediksi IHSG bakal perkasa pada perdagangan indeks saham.

"Masih lanjutkan penguatan. IHSG berpotensi bullish di kisaran 5.795-5.967," ujarnya.

Sedangkan Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada meminta kepada investor untuk mewaspadai entimen-sentimen yang sekiranya dapat menurunkan IHSG.

Lanjar Nafi merekomendasikan saham-saham sektor perbankan, infrastruktur dan pertambangan.

Saham tersebut antara lain PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), dan PT Harum Energy Tbk (HRUM).

Kemudian ia juga memilih saham PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Indika Energy Tbk (INDY), serta PT Medco Energy International Tbk (MEDC).

Saham-saham karya menjadi pilihan Muhammad Nafan Aji pada hari ini. Adapun saham-saham yang disarankan Nafan antara lain PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON), PT Krakatau Steel Tbk (KRAS), dan juga PT Indosat Tbk (ISAT).

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perdagangan Kemarin

Pada perdagangan kemarin, IHSG bergerak di zona hijau sepanjang perdagangan saham Senin. Pada penutupan perdagangan saham, Senin (20/8/2018), IHSG naik 108,39 poin atau 1,87 persen ke posisi 5.892,19. Indeks saham LQ45 juga naik 2,36 persen ke posisi 926,13. Seluruh indeks saham acuan bergerak di zonba hijau.

Sebanyak 266 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Selain itu 130 saham melemah dan 144 saham diam di tempat.

Pada Senin pekan ini, IHSG sempat berada di posisi tertinggi 5.919,33 dan terendah 5.833,53. Transaksi perdagangan saham cuku ramai. Total frekuensi perdagangan saham 337.099 kali dengan volume perdagangan 8,8 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 8 triliun. 

Investor asing jual saham Rp 340 miliar di seluruh pasar. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.583.

Seluruh sektor saham menguat. Sektor saham aneka industri naik 3,56 persen, sektor saham industri dasar mendaki 2,69 persen, sektor saham pertambangan mendaki 2,47 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.