Sukses

Gagal Bunuh Diri, Pria Berkemeja Kotak-Kotak yang Lompat dari Atas Jembatan Citarum Kesakitan Alami Patah Tulang

Upaya bunuh diri pria diduga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) melompat dari atas Jembatan Citarum setinggi 250 meter di Kecamatan Haurwangi, Selasa (18/6/2024), membuat geger banyak orang.

 

Liputan6.com, Cianjur - Peristiwa seorang pria diduga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) melompat dari atas Jembatan Citarum setinggi 250 meter di Kecamatan Haurwangi, Selasa (18/6/2024), membuat geger banyak orang.

Kepala Basarnas Cianjur Andika Zein mengatakan, pihaknya mendapat laporan awal dari warga yang sempat melihat seorang pria melakukan upaya bunuh diri dengan cara melompat dari atas jembatan penghubung Bandung Barat dan Cianjur.

"Kami langsung melakukan kordinasi dengan relawan dan Polsek setempat guna memastikan informasi yang menyebutkan seorang pria berkemeja kotak-kotak melompat dari atas Jembatan Citarum setinggi 250 meter," katanya, dikutip dari Antara.

Tim gabungan yang turun ke lokasi yakni Basarnas, PMI Cianjur, BPBD, dan relawan Cianjur, langsung melakukan upaya evakuasi karena korban terjatuh di tanah bukan ke dasar sungai, korban langsung dibawa ke RSUD Sayang Cianjur untuk mendapatkan pertolongan medis.

Petugas baru mengetahui pria tersebut merupakan ODGJ ketika dimintai keterangan terkait identitasnya tidak bisa menyebutkan nama hanya mengaku dari Jakarta Timur, saat dievakuasi tidak ditemukan KTP atau kartu identitas lainnya.

"Dia hanya mengaku berasal dari Jakarta Timur, tidak mau menyebutkan nama, bahkan kadang-kandang bicara sendiri ketika merasakan sakit di bagian tulang pinggul yang diduga patah akibat terjatuh dari ketinggian," katanya.

Saat ini, pria yang belum diketahui namanya itu, masih menjalani perawatan medis di RSUD Sayang Cianjur akibat patah tulang di bagian punggung dan pinggul terbentur pohon dan jatuh ke tanah di samping Sungai Citarum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bikin Geger Banyak Orang

Sementara aksi pria yang melompat dari jembatan setinggi 250 meter itu, sempat membuat geger pengguna jalan yang melihat langsung aksi nekadnya yang diduga sengaja bunuh diri, bahkan beberapa orang sempat turun ke bawah jembatan untuk memberikan bantuan.

"Saya melihat ada pria yang berjalan di pinggir jembatan tiba-tiba naik ke pagar dan langsung melompat, bahkan beberapa orang pengendara lain sempat meneriakinya, aksinya membuat arus lalulintas sempat macet karena banyak kendaraan berhenti di pinggir jembatan," kata juru parkir di rest area Citarum, Nurdin (50).

Dia menjelaskan tubuh pria yang tidak dikenal itu, sebelum jatuh ke tanah sempat tersangkut di dahan pohon di bawah jembatan, melihat kejadian tersebut, dia dan warga sekitar melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian.

3 dari 3 halaman

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini