Sukses

Mengintip Indahnya Pulau Pamutusan, Surga Tersembunyi di Sumatera Barat

Pulau Pamutusan merupakan salah satu wisata indah yang ada di Sumatera Barat.

Liputan6.com, Bandung - Wisata alam indah di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya mengingat negara ini dikenal sebagai negara kepulauan yang menyimpan banyak alam indah dan budaya beragam. Salah satu wisata alam yang harus diketahui merupakan wisata di Pulau Pamutusan.

Pulau Pamutusan merupakan sebuah pulau yang menawarkan keindahan alam indah yang asri dan menarik di Sumatera Barat. Tempat ini populer di antara kalangan wisatawan yang menyukai liburan dengan aktivitas alam.

Kemudian banyak wisatawan tertarik menikmati wisata di tempat ini sebagai tempat pelarian dari hiruk pikuknya perkotaan. Meskipun pulau ini termasuk dalam pulau kecil tetapi pemandangan indahnya sayang untuk dilewatkan.

Melansir dari beberapa sumber, Pulau Pamutusan berada di Bungus Teluk Kabung, Padang. Pulaunya mempunyai keunikan tersendiri dan bisa dikunjungi dengan mudah menggunakan kapal kecil dari Pelabuhan Muaro, Padang.

Sebagai informasi Pulau Pamutusan mempunyai luas sekitar delapan hektar dan hampir seluruh area daratannya ditutupi oleh pohon kelapa serta tanaman bakau. Namun pulau ini menyimpan keunikan sebuah fenomena daratan yang terbelah dua.

Ketika mengunjungi pulau ini, wisatawan akan melihat pemandangan alami yang masih ada di sekitarnya. Bentuknya yang memanjang terlihat menyatu dengan daratan utama pesisir selatan Bungus Teluk Kabung.

Diketahui, pada bagian tengahnya terdapat pantai kecil berpasir putih yang menjadikan pulau ini memiliki keunikan tersendiri. Ketika air laut sedang pasang pantai kecil tersebut akan tertutupi air laut sehingga akan terlihat seperti terbelah jadi dua bagian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asal Usul Nama Pulau Pamutusan

Seperti namanya, Pulau Pamutusan berasal dari fenomena unik yang ada dalam pulau tersebut. Diketahui bagian tengah di pulau ini terdapat pantai kecil berpasir putih yang menyatu dengan pulau lain.

Namun, ketika air laut sedang pasang pantai kecilnya akan tertutupi air laut dan menjadikannya terlihat seperti terbelah menjadi dua. Sehingga nama pulau ini terinspirasi dari fenomena tersebut.

Diketahui kata “Pamutusan” berasal dari bahasa Minang yang artinya “Terputus” seperti fenomena tersebut. Saat ini ada banyak wisatawan terutama pencinta fotografi yang sering mengabadikan keindahan pulau tersebut.

Selain fenomena unik yang ada di dalamnya, pulau ini juga menawarkan aktivitas wisata yang menarik. Mulai dari memancing, menikmati pemandangan, bersantai di tepi pantai, atau mencoba menaiki puncak bukit.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Pulau Pamutusan

Pulau Pemutusan mempunyai banyak sekali daya tarik selain karena keunikannya, berikut ini di antaranya:

1. Pasir putih yang cantik dengan pantai yang indah

Pulau Pamutusan memiliki pemandangan pantai yang terkenal indah dan mempesona untuk menikmati alam. Pulau ini juga memiliki pasir putih yang halus dan masih sangat alami untuk dijadikan tempat bersantai.

Kemudian Pulau Pamutusan juga menawarkan pemandangan memukau dengan suasana yang tenang. Air lautnya yang jernih dan pantai yang bersih menjadikan tempat ini sebagai destinasi bersantai sambil menikmati pemandangan laut.

2. Snorkeling

Wisatawan yang menyukai aktivitas snorkeling atau diving bisa menikmati aktivitas tersebut di Pulau Pamutusan. Pasalnya perairan di sekitar pulau ini mempunyai keanekaragaman hayati laut yang mempesona dengan terumbu karang yang indah.

Terdapat sejumlah jenis ikan cantik yang bisa dinikmati oleh wisatawan saat snorkeling. Kejernihan air lautnya juga menjadi alasan kegiatan snorkeling dan diving di sekitar Pulau Pamutusan menjadi jauh lebih menarik.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Hiking

Pulau Pamutusan memiliki jalur hiking menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan yang menyukainya. Kegiatan ini bisa memberikan pengalaman tak terlupakan untuk berjelajah dan melihat keindahan sekitarnya dari ketinggian.

Diketahui pulau ini mempunyai beberapa bukit yang bisa didaki dan menawarkan pengalaman menarik untuk menikmati alam sambil berolahraga.

4. Berkemah

Berdasarkan informasi dari Tripadvisor Pulau Pamutusan juga kerap menjadi destinasi populer untuk berkemah. Suasananya yang tenang dan alamnya yang indah menjadikan tempat ini sempurna untuk menghabiskan malam di bawah bintang-bintang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini