Sukses

Kebutuhan Avtur untuk Maskapai Penerbangan Haji di Jawa Barat 2024 Meningkat

Pada 2024, terjadi kenaikan kebutuhan avtur untuk penerbangan haji tahun 2024 di Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah persiapan dan antisipasi dilakukan dalam mengawal kelancaran ibadah haji 2024. Salah satunya kesediaan bahan bakar avtur dari Pertamina. 

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan memastikan kesediaan avtur untuk wilayah Jawa Barat dalam mendukung kelancaran ibadah haji ke Tanah Suci aman. 

"Avtur untuk embarkasi dan debarkasi dari Bandara Soekarno-Hatta dan BIJB Kertajati di Majalengka," ujar Eko, Senin (13/5/2024).

Eko mengatakan, avtur di wilayah Regional Jawa Bagian Barat memiliki sarana dan fasilitas yang andal. Kemudian persediaan avtur dianggap cukup memenuhi seluruh kebutuhan maskapai penerbangan haji tahun 2024.

Eko menyebutkan, pada 2024 terjadi kenaikan kebutuhan avtur untuk penerbangan haji di Jawa Barat. Kenaikan kebutuhan avtur 2024 mencapai 43 persen dibanding tahun 2023.

“Kenaikan tersebut disebabkan pada tahun ini ada penerbangan haji langsung dari Bandara Kertajati di mana tahun lalu merupakan tempat transit penerbangan haji Bandara Kualanamu,” ungkap Eko.

Lebih lanjut Eko menjelaskan bahwa kebutuhan Avtur di setiap bandara berbeda. Untuk bandara Soetta diperkirakan naik mencapai 5.548 kiloliter atau 26 persen. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasokan Avtur

Sedangkan, di Bandara Kertajati Majalengka diperkirakan naik 4.204 kiloliter atau 234 persen. Kebutuhan tersebut, katanya naik signifikan dibandingkan tahun 2023 lalu. 

“Kami berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan Avtur penerbangan haji tahun 2024 agar ibadah yang akan dilaksanakan jemaah Indonesia dapat berjalan dengan lancar dan menjadi haji yang mabrur,” ucap Eko.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan stok untuk 13 AFT bandara embarkasi dijamin aman. 

Saat ini, ketahanan stok nasional Avtur juga diatas 22 hari, dan akan terus dijaga di atas level tersebut.

“Ketersediaan dan kesiapan stok selalu menjadi prioritas utama kami dalam menghadapi momen seperti ini. Setelah stok aman, kami akan memastikan proses distribusinya dilakukan dengan baik untuk mendukung kelancaran penerbangan Haji,” tukas Irto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini