Sukses

Pengertian dan Rekomendasi Tempat yang Cocok untuk Olahraga Lintas Alam

Selain karena keindahan alamnya, Indonesia juga memiliki banyak destinasi yang masih sangat alami dan memiliki medan serta rute yang tidak menentu, seperti licin, bebatuan, curam, hingga berlumpur.

Liputan6.com, Yogyakarta - Olahraga lintas alam atau cross country semakin ramai peminat. Jenis olahraga ini masih masuk ke dalam kategori olahraga ekstrem yang diminati para pencinta aktivitas pemacu adrenalin.

Saking ramainya peminat, Indonesia pun menjadi langganan tuan rumah event olahraga lintas alam. Pada 4-5 Mei 2024, event Trail of The Kings 2024 digelar di Samosir, Sumatra Utara.

Mengutip dari kemenparekraf.go.id, olahraga lintas alam adalah jenis olahraga lari jarak jauh yang dilakukan di alam terbuka. Meski sama-sama lari, tetapi olahraga ini berbeda dengan lari maraton yang banyak dilakukan di jalan perkotaan maupun beraspal.

Lari lintas alam dilakukan dengan melewati perbukitan, jalan berliku, turunan curam, tanah berlumpur, dan berbagai medan ekstrem lainnya. Oleh karena itu, olahraga ini dikenal sulit dan penuh tantangan.

Banyak negara di Asia Tenggara yang kerap menjadi incaran olahraga lintas alam, termasuk Indonesia. Selain karena keindahan alamnya, Indonesia juga memiliki banyak destinasi yang masih sangat alami dan memiliki medan serta rute yang tidak menentu, seperti licin, bebatuan, curam, hingga berlumpur.

1. Sentul, Bogor

Salah satu destinasi yang cocok dijadikan lokasi olahraga lintas alam di Indonesia adalah kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. Kawasan tersebut memiliki banyak rute menantang, mulai dari rute melintasi perkampungan warga, kawasan persawahan, jalur beton, melintasi tanjakan dan turunan curam, rute offroad ringan, hingga menyebrangi sungai.

2. Desa Sembungan, Dieng, Jawa Tengah

Selain itu, di Jawa Tengah juga ada tempat yang sangat cocok dijadikan lokasi olahraga lintas alam, yakni di Desa Sembungan, Dieng. Kawasan tersebut tidak kalah menantang dari Sentul, Bogor.

Desa tersebut bahkan dinobatkan sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Desa Sembungan menawarkan eksotisme alam dan budaya yang masih terjaga sangat baik. Terpenting, desa ini memiliki rute menantang, salah satunya adalah jalanan menurun yang ekstrem.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukit Cinta, Labuan Bajo

3. Bukit Cinta, Labuan Bajo

Selain dua tempat tersebut, ada juga Bukit Cinta di Labuan Bajo. Selama ini, kawasan tersebut dikenal sebagai spot romantis, tetapi ternyata kawasan ini juga bisa menjadi lokasi olahraga lintas alam.

Bukit Cinta memiliki trek yang menantang. Para pengunjung harus melewati jalur curam untuk bisa sampai ke atas bukit. Saat sampai di atas, rasa lelah akan terbayar lunas oleh pesona keindahan alam dari atas bukit. 

4. Pulau Samosir, Sumatra Utara

Jika ingin yang lebih menantang lagi, maka Pulau Samosir adalah jawabannya. Pulau Samosir di Sumatra Utara sangat cocok dijadikan lokasi olahraga lintas alam.

Tak hanya menikmati keindahan Danau Toba, pengunjung juga berkesempatan menjajal jalur pedesaan, pegunungan, hingga perbukitan yang penuh rintangan. Tak heran jika lokasi ini menjadi salah satu incaran para wisatawan pencinta olahraga ekstrem untuk menjajal olahraga lintas alam.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.