Sukses

Gunung Awu Siaga, Warga Diminta Tak Beraktivitas Radius 5 Km

“Kami merekomendasikan masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak mendekati, dan beraktivitas di dalam radius 5 kilometer dari kawah puncak Gunung Awu,” ujarnya.

Liputan6.com, Sangihe - Selain Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut, Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe kini statusnya berada di Level III Siaga.

Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe kini statusnya berada di Level III Siaga,” ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan dalam laporan yang disampaikan melalui Tommy Luhut Marbun.

Dalam pengamatan periode, Sabtu (11/5/2024), pukul 00.00-06.00 Wita, cuaca di sekitar gunung setinggi 1320 mdpl itu cerah dan berawan. Angin bertiup lemah ke arah barat daya. Suhu udara 24-26 °C dan kelembaban udara 60-70 %.

“Secara visual, gunung terlihat jelas. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 30-50 m di atas puncak kawah,” ungkap dia.

Untuk kegempaan, terjadi 4 kali gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 6-19 mm, dan durasi 10-18 detik. Selain itu juga terjadi 9 kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 3-9 mm, dengan durasi 75-126 detik.

“Kami merekomendasikan masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak mendekati, dan beraktivitas di dalam radius 5 kilometer dari kawah puncak Gunung Awu,” ujarnya.

Masyarakat di sekitar Gunung Awu diharap tetap tenang, tidak terpancing isu-isu mengenai aktivitas Gunung Awu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Masyarakat harap mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe,” ujarnya.

simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.