Sukses

6 Rekomendasi Surabi Enak di Bandung, Jajanan Tradisional Mengugah Selera

Surabi atau Serabi merupakan makanan tradisional khas Indonesia yang memiliki rasa nikmat. Makanan ini termasuk jajanan tradisional dengan rasa asin atau manis.

Liputan6.com, Bandung - Surabi atau serabi merupakan salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang bisa ditemui ketika berkunjung ke beberapa daerah salah satunya Bandung. Makanan ini menjadi makanan sunda yang namanya berasal dari bahasa Sunda.

Sejak tahun 1920an surabi menjadi jajanan pasar yang populer dan umumnya identik dengan sajian gula Jawa dan santan. Namun seiring berkembangnya jaman Surabi mulai berkembang dan memunculkan varian rasa menarik yang modern.

Diketahui surabi memiliki bentuk sejenis kue dadar yang terbentuk dari campuran tepung beras, kelapa parut, gula merah atau gula pasir, dan santan. Adonannya dibuat dengan menggunakan cetakan bundar yang dipanaskan di atas tungku arang atau kompor.

Proses pembuatan surabi juga dinilai sederhana karena bahannya yang mudah ditemukan di pasar dan hanya membutuhkan cetakan bundar. Secara tradisional rasa original dari surabi adalah rasa kelapa parut dan gula merah atau gula pasir.

Sementara di era modern saat ini mulai banyak variasi rasa surabi seperti rasa keju, cokelat, durian, dan lain-lain sesuai selera para pengunjung. Melalui artikel ini akan membahas beberapa tempat makan surabi nikmat yang bisa dicicipi ketika berkunjung ke Bandung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar 6 Rekomendasi Surabi Enak di Bandung

1. Warung Setiabudhi Surabi & Baso Kampung

Warung Setiabudhi Surabi & Baso Kampung merupakan tempat makan yang menyajikan menu surabi nikmat. Selain surabi tempat ini juga menyajikan menu bakso dengan harga yang terjangkau.

Tempat makan ini menyediakan tempat duduk di area terbuka dengan hiburan live music pada waktu tertentu. Melansir dari ulasan Google tempat ini memiliki rating 4.5 dari total 9.140 ulasan pengguna.

Lokasi dari Warung Setiabudhi Surabi & Baso Kampung ada di Jl. Dr. Setiabudi No.175, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 14.30 hingga 23.30.

2. ⁠Surabi Cihapit

Surabi Cihapit merupakan tempat makan surabi populer yang sudah berdiri sejak tahun 1993. Tempat makan ini menyajikan menu surabi yang bervariasi baik surabi yang memiliki rasa manis dan gurih.

Melansir dari Instagramnya tempat makan ini termasuk tempat surabi legend dan masih memiliki menu khas tradisionalnya. Mengutip dari  ulasan Google tempat makan ini memiliki rating 4.4 dari total 1.230 pengguna.

Lokasi Surabi Cihapit berada di Jl. Sabang No.65, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat dengan jam buka pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

3 dari 4 halaman

Rekomendasi Berikutnya

3. ⁠Surabi Durian Geboy

Surabi Durian Geboy termasuk dalam daftar tempat makan surabi populer di Bandung. Tempat makan ini memiliki menu khas surabi durian dengan topping yang melimpah dan menggugah selera pecinta durian.

Melalui media sosialnya menu di tempat makan ini memiliki menu surabi manis dan surabi asin. Berdasarkan dari ulasan Google tempatnya berhasil meraih rating 4.2 dari total 1.040 ulasan pengguna.

Mengutip dari Instagramnya Surabi Durian Geboy memiliki sejumlah cabang di kota Bandung. Berikut ini alamat sejumlah cabang Surabi Durian Geboy yang bisa dicicipi oleh para pengunjung:

  • Jalan Jenderal Sudirman No.851, Cibeureum, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat (batas Kota Bandung).
  • Taman Lembah Dewata Lembang (Cikole).
  • Jl. Garuda Bandung

4. ⁠Warung Surabi Cihampelas

Warung Surabi Cihampelas merupakan tempat nongkrong sambil mencicipi menu surabi nikmat. Tempatnya juga dikenal memiliki harga yang terjangkau dan menyajikan menu surabi asin dan manis.

Selain surabi tempat ini juga memiliki menu paket nasi, baso, hingga minuman kopi yang cocok dinikmati bersama surabi tersebut. Sementara melalui ulasan Google tempat ini memiliki rating 4.4 dari total 537 pengguna.

Lokasinya ada di Jl. Cihampelas No. 159A, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 14.00 hingga 23.30 WIB.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Selanjutnya

5. ⁠Surabi Enhaii

Warung Surabi Enhaii merupakan produk surabi populer di Bandung yang memiliki sejumlah cabang. Makananya terkenal memiliki rasa nikmat dengan harga yang terjangkau terutama di kantong pelajar.

Nama tempat makan ini juga tidak terlepas dari lokasinya yang berada di depan Universitas NHI Bandung. Mengutip dari ulasan Google Surabi Enhaii memiliki rating 4.5 dari total 9.141 ulasan.

Lokasi Surabi Enhaii ada di Jl. Dr. Setiabudi No.175, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 14.30 hingga 23.30 WIB.

6. ⁠Surabi Imut

Surabi Imut merupakan tempat makan yang menyediakan menu khas Surabi Bandung dengan macam-macam variasi topping. Melansir dari media sosialnya tempat makan ini termasuk tempat legend karena sudah berdiri sejak tahun 1998.

Surabi Imut memiliki tekstur surabi gendut dengan topping menarik salah satunya topping surabi menggunakan es krim. Melalui ulasan Google Surabi Imut memiliki rating 4.3 dari total 452 pengguna.

Lokasi Surabi Imut ada di Jalan Gandapura no 40, Jl. Gegerkalong Hilir, No. 55, RT.07/RW.04, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari Selasa hingga Minggu pukul 14.00 hingga 22.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.