Sukses

Menakar Peluang Bakal Calon Petahana dalam Pemilihan Wali Kota Samarinda 2024 Lewat Jalur Independen

Dukungan terhadap bakal calon (bacalon) Wali Kota Samarinda, Andi Harun untuk kembali maju dalam Pilkada Samarinda 2024 terus mengalir. Bahkan, aspirasi dan dukungan dari masyarakat Samarinda meminta Andi Harun maju menggunakan jalur independen.

Liputan6.com, Samarinda - Dukungan terhadap bakal calon (bacalon) Wali Kota Samarinda, Andi Harun untuk kembali maju dalam Pilkada Samarinda 2024 terus mengalir. Bahkan, aspirasi dan dukungan dari masyarakat Samarinda meminta Andi Harun maju menggunakan jalur independen.

Namun demikian, bacalon petahana di Pilkada Samarinda 2024 ini masih memprioritaskan melalui jalur parpol.

Menanggapi aspirasi dan dukungan masyarakat untuk maju melalui jalur independen tersebut, Andi Harun menyatakan tetap menampung usulan masyarakat Samarinda tersebut sebagai pilihan alternatif.

"Saya mengikuti semua dinamika politik Pilkada dengan cermat, tapi konsentrasi memimpin pemerintahan di Kota Samarinda tetap menjadi prioritas karena hal tersebut adalah kepentingan umum yang lebih besar," papar Andi Harun usai menghadiri hajatan warga di kawasan Jalan Otto Iskandardinata (1/5/2024).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Kaltim ini menyatakan, bahwa pencalonan kembali dirinya pada Pilkada 2024 tidak perlu tergesa-gesa agar tidak mengganggu konsentrasinya memimpin pelaksanaan pembangunan di Kota Samarinda.

"Semua faktor penting itu wajib dipertimbangkan dan dikelola dengan bijaksana, mohon doanya kiranya semuanya berjalan lancar," ujar AH sapaan akrabnya.

Wali Kota pertama yang berhasil membawa Kota Samarinda masuk dalam daftar 10 kota paling layak huni di Indonesia ini menegaskan ikhtiar utama dirinya maju tetap melalui gabungan partai politik.

"Sedang jalur perseorangan adalah fasilitas alternatif yang diinisiasi murni warga Samarinda, kami sangat terkesan mendengar inisiatif fantastis warga, terima kasih…terima kasih,” ungkapnya.

Ia berharap pernyataannya dapat menjawab pertanyaan soal kabar beredarnya pencalonannya melalui jalur independen/perseorangan di Pilkada Samarinda 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Survei LSI Denny JA

Diketahui, belum lama ini Wali Kota Samarinda, Andi Harun membuktikan capaian kinerja selama 3 tahun belakangan ini.

Berdasarkan hasil survei LSI Denny JA pada April 2024, sebanyak 96,4 persen warga Samarinda puas atas kinerja Andi Harun memimpin Pemerintahan Kota Samarinda.

Bahkan LSI Denny JA membeberkan lewat hasil surveinya, bahwa 88,4 persen mau AH sapaan akrab Andi Harun untuk jadi Wali Kota 2 periode di Samarinda, Kalimantan Timur.

Hasil survei dipaparkan Peneliti LSI Denny JA, Fadhli Fakhri Fauzan, Rabu (17/4/2024) malam di Cafe D'Bagios, Kota Samarinda.

Sebagai informasi, survei LSI Denny JA terbaru dilakukan periode 25-31 Maret 2024. Metode penentuan sampel yakni multi stage random sampling, didapatkan 600 responden.

Teknik pengumpulan data yakni wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Dalam survei ini margin of error kurang lebih 4,1 persen.

"Tingkat keberhasilan pemerintah daerah Samarinda sebesar 76,6 persen (cukup berhasil), sementara Kepuasan terhadap Andi Harun sangat tinggi 96,4 persen (sangat puas/cukup puas," terang Fadhli.

Fadhli juga menjawab bahwa faktor Wakil Wali Kota juga tidak terlalu berpengaruh pada figur Andi Harun karena melihat beberapa pertanyaan yang diajukan pihaknya dalam survei.

Dalam survei ada aspek kepuasan kinerja pemerintah, yang menandakan survei tidak membedakan antara 1 dengan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini