Sukses

Gunung Ruang Meletus, Sejumlah Penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado Ditunda

Dari Bandara Sam Ratulangi Manado, pihak PT Angkasa Pura mengumumkan adanya penundaan sejumlah penerbangan dari bandara internasional itu pada, Kamis (18/4/2024) pagi.

Liputan6.com, Manado - Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut pada, Selasa (16/4/2024), menyebabkan ribuan warga terpaksa mengungsi. Dampak lainnya adalah tertundanya sejumlah penerbangan.

Dari Bandara Sam Ratulangi Manado, pihak PT Angkasa Pura mengumumkan adanya penundaan sejumlah penerbangan dari bandara internasional itu pada Kamis (18/4/2024) pagi.

Sedikitnya ada 3 penerbangan yang ditunda keberangkatannya yakni Garuda Indonesia tujuan Jakarta yang seharusnya berangkat pukul 07.50 Wita, Citilink tujuan Makassar yang seharusnya berangkat pukul 08.30 Wita, dan TransNusa tujuan Sorong yang seharusnya berangkat pukul 09.00 WIB.

GM PT Angkasa Pura I Bandara Samrat Manado Maya Damayanti melalui Humas Yanti Pramono saat dikonfirmasi Liputan6.com mengatakan, penundaan akibat erupsi Gunung Ruang itu dengan pertimbangan keselamatan.

"Iya, ada penundaan beberapa penerbangan. Ini sementara dikoordinasikan," ujarnya saat dikonfirmasi Liputan6.com.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Geologi Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Hendra Gunawan mengungkapkan, aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari Level III Siaga menjadi Level IV Awas terhitung mulai tanggal 17 April 2024 pukul 21.00 Wita.

"Pada tingkat aktivitas Gunnung Ruang Level IV atau Awas, ada sejumlah hal yang direkomendasikan kepada warga," ujarnya.

Dia mengatakan, masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung atau wisatawan agar tetap waspada, dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang. Selanjutnya masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 6 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 6 km.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.