Sukses

Tingginya Arus Balik Lebaran di Batam

Ada peningkatan penggunaan angkutan publik untuk menyeberang.

Liputan6.com, Batam - Arus balik lebaran melaui jalur sungai dan laut yang menghubungkan lintas Sumatera-Batam di Rute Pelabuhan Kuala Tungkal (Jambi)-Telaga Punggur (Batam), Pak Ning (Riau)-Telaga Punggur (Batam) terus meningkat.

Satuan kordinator unit pelayanan pelabuhan penyeberangan telaga punggur BPTD kelas 2 Kepri, Arifin mengatakan bahwa arus balik lebaran telah mengalami puncak untuk jalur reguler pada hari Minggu. Namun untuk lintas jalur jauh meliputi Provinsi Jambi dan Riau yang menghubungkan Batam-lintas Sumatra masih terjadi hingga Selasa (16/4/2024).

“Iya, perkiraan pekan ini arus balik mudik masih terus berlangsung untuk lintasan jarak jauh," kata Arifin.

Data yang tercatat hingga Minggu (14/4) sebagai berikut:

Kedatangan : 

PNP. 4195 Orang. 

R2 : 1102 Unit 

R4 : 659 Unit 

R4 : 12 Unit.

Keberangkatan : 

PNP : 2709 Orang 

R2 : 615 Unit 

R4 : 427 Unit 

R4 : 24 Unit 

“Jika terjadi peningkatan maka kita kerahkan satu kapal tambahan untuk mengisi lintasan,” kata Arifin.

Arifin mengatakan peningkatan jumlah kedatangan penumpang maupun kendaraan pada H + 3 lebaran dibanding hari sebelumnya, akan tetapi untuk jumlah lintasan kapal pada H + 3 lebaran malah terjadi penurunan.

“Jumlah penumpang dan kendaraan yang datang kemarin hari sabtu meningkat, namun untuk lintasan kapal malah menurun," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini