Sukses

Profil Zita Anjani, Dijagokan Maju Dampingi Ridwan Kamil Jadi Cawagub

Politikus Zita Anjani baru-baru ini jadi sorotan setelah dirumorkan maju untuk mendampingi Ridwan Kamil jadi Cawagub Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

Liputan6.com, Bandung - Politisi Zita Anjani dirumorkan akan menjadi calon potensial untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta. Zita merupakan anak Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang disebut-sebut masuk daftar jagoan untuk pendamping mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Rumor tersebut pertama kali beredar setelah Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan membocorkan nama-nama yang akan diusungkan untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta salah satunya Zita Anjani.

“Jakarta tuh PAN lebar, ada Zita Anjani, ada Pasha Ungu, ada Eko Patrio, ada Desy Ratnasari, jagoan kita banyak,” kata Zulkifli di kediamannya, Cipinang, Jakarta Timur.

Zita Anjani juga menyebutkan bahwa sosok Ridwan Kamil (RK) dinilai cocok untuk maju ke Pilgub DKI. Menurutnya Ridwan Kamil adalah sosok yang gaul dan pro kepada anak-anak muda.

“Kalau pak RK sih cocok ya jadi calon gubernur DKI. Karena selain gaul, pro ke anak muda juga, dan juga ganteng,” ucapnya.

Kemudian Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menuturkan jika pasangan tersebut benar-benar terbentuk, kemungkinan Ridwan Kamil akan menjadi calon Gubernur dan Zita menjadi calon Wakil Gubernur.

Pihaknya juga menuturkan jika pasangan ini atau kadernya bisa maju di kontestasi Pilgub Jakarta tentu Eddy akan sangat bangga. Sementara menurutnya Zita yang duduk di Pimpinan DPRD DKI Jakarta dinilai sangat paham terhadap persoalan yang ada di kota tersebut.

“Dan rasanya kok cocok kalau disandingkan dengan mas RK ya. Apalagi ini kan tokoh muda dua-duanya. Muda, progresif, yang dibutuhkan DKI, biar lincah pergerakannya,” kata Eddy.

Saat ini, kombinasi pasangan Zita dan Ridwan Kamil belum pasti terbentuk, tetapi pihaknya akan sangat pendukung jika akan memajukan pasangan tersebut. Saat ini, PAN sendiri akan lebih dahulu melaksanakan Rakornas Kemenangan Pilkada pada akhir April tahun ini.

“Tapi intinya kita akan sangat senang kalo memang kader kita bisa maju di Pilkada DKI. Ya dalam hal ini kalau Kang Ridwan Kamil berpasangan sama Mbak Zita, kita dukung,” tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Zita Anjani

Mengutip dari beberapa sumber, Zita Anjani dikenal sebagai politikus dan putri dari Ketua Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. Zita merupakan perempuan kelahiran 12 Maret 1990 di Jakarta.

Zita merupakan anak kedua dari empat bersaudara pasangan Zulkifli Hasan dan Soraya Zulkifli Hasan. Sebelum melangkahkan kariernya dalam dunia politik, Zita sudah menyelesaikan pendidikan perguruan tingginya pada tahun 2011.

Saat itu, Zita menempuh pendidikan di Universitas Pelita Harapan (UPH) dengan mengambil jurusan Hubungan Internasional. Kemudian, melanjutkan pendidikannya ke University College London untuk meraih gelar Master of Science di tahun 2014.

Sementara untuk kehidupan pribadinya, Zita telah resmi menikah di tahun 2012 dengan Radityo Egi Pratama dan telah dikaruniai dua orang anak.

3 dari 3 halaman

Perjalanan Karier Zita Anjani

Zita pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPW PAN DKI Jakarta untuk periode 2015 hingga 2020. Kemudian pada tahun yang sama, pada 2017 hingga 2018 ia mengemban jabatan sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Perempuan Amanat Nasional (PUAN).

Perempuan berusia 34 tahun ini tidak hanya mengurus partai bersama ayahnya tetapi juga terjun ke dunia legislatif. Zita mewakili Daerah Pilih 5 DKI di tahun 2019 dan berhasil menjadi anggota DPRD DKI Jakarta.

Zita bahkan meraih suara sekitar 14.701 suara dan dipercaya untuk menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Baru-baru Zita tengah jadi sorotan publik setelah mendapat dukungan dari PAN untuk maju dalam Pilgub mendatang.

Meskipun belum pasti, tetapi pihak PAN akan mendukung Zita terutama sebagai pasangan Ridwan Kamil dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini