Sukses

Geng Motor Tawuran Tengah Malam di Desa Sei Rotan Deli Serdang, Warga Ketakutan

Warga di Jalan Rahayu, Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) pada Jumat (12/4/2024) dini hari WIB tiba-tiba dihebohkan tawuran antargerombolan geng motor.

Liputan6.com, Deli Serdang Warga di Jalan Rahayu, Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) pada Jumat (12/4/2024) dini hari WIB tiba-tiba dihebohkan tawuran antargerombolan geng motor.

Bentrokan antargerombolan geng motor tersebut diwarnai saling serang menggunakan kayu, batu, dan petasan. Warga yang bermukin di kawasan tersebut resah hingga ketakutan.

"Ini (tawuran) sudah kesekian kali terjadi sejak bulan Ramadan," kata Bambang, warga sekitar, saat menceritakan peristiwa itu kepada Liputan6.com.

Diungkapkannya, tawuran terjadi antara dua gerombolan geng motor. Akibatnya, warga resah karena takut rumah atau pun diri mereka beserta keluarga menjadi korban.

"Ya, kami ketakutan setiap ada suara petasan. Apalagi suara kenalpot sepeda motor para geng motor itu, bahkan rumah kami juga bisa jadi sasaran pelemparan," Bambang mengungkapkan.

"Kasihan orang tua di sini, semuanya ketakutan karena ulah geng motor," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Tindakan Tegas Polisi

Selain Bambang, Guslina, warga yang juga bermukim di kawasan itu, berharap agar pihak kepolisian bertindak tegas dan mengatasi tawuran yang dibuat gerombolan geng motor. Mereka sudah sangat resah.

"Tolong lah Pak Polisi. Kami merasa sudah tidak aman," ucapnya.

Kapolsek Percut Sei Tuan, Kompol Jhonson M Sitompul, yang dikonfirmasi wartawan, menegaskan, pihaknya siap menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait ulah geng motor yang bikin resah warga.

"Informasi ini langsung ditindaklanjuti," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Polda Sumut Siagakan Mobil Patroli Perintis Samapta

Untuk diketahui, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menyiagakan Mobil Patroli Perintis Samapta untuk mewujudkan area publik yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Mobil khusus ini resmi diluncurkan pada Senin, 24 Juli 2023 .

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, saat peluncuran mobil patroli di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, mengatakan, Mobil Patroli Perintis ini dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur berteknologi mutakhir dan modern.

"Mobil ini untuk mengendalikan, pelihara, dan menciptakan keamanan, serta kenyamanan bagi semua masyarakat di area publik. Kita juga lengkapi dengan fitur-fitur berteknologi mutakhir, modern," kata Irjen Pol Agung Stya.

Dijelaskannya, fitur-fitur berteknologi tinggi dan mutakhir tersebut di antaranya teknologi pemantauan dilengkapi kamera High Definition (HD), sensor deteksi kendaraan, serta perekam data.

"Fitur ini memungkinkan anggota kepolisian melakukan pemantauan dan pengawasan dengan lebih efektif dalam menjaga keamanan wilayah," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Sistem Komunikasi Terpadu

Kemudian, lanjut Agung, Mobil patroli ini juga dilengkapi dengan sistem komunikasi terpadu dan terkoneksi dengan Pusat Komando (Command Centre). Ini memudahkan personel untuk bertukar informasi yang cepat dan koordinasi lebih baik dalam tugas-tugas.

"Paling mutakhir, kita menggunakan kendali suara dan teknologi Artificial Intelligence atau AI, atau kecerdasan buatan di mobil patroli ini," ungkap Mantan Asisten Operasi Kapolri tersebut.

Teknologi kendali suara dan kecerdasan buatan atau AI membantu petugas mengakses informasi, menavigasi, dan mengambil tindakan tepat dengan perintah suara. Ini membantu mengurangi gangguan visual, serta memungkinkan fokus lebih besar di lapangan.

"Mobil ini akan sigap dan siap sampai lokasi sekitar 10 hingga 12 menit sejak petugas menerima laporan dari Call Centre 110," Agung menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini