Sukses

Kagumi Karier dan Pendidikan Zulkieflimansyah, Ketua BEM FH Unram: Kami Ingin Seperti Beliau

Menurut Aris, pengalaman yang telah dilalui oleh Zulkieflimansyah juga bisa mereka tempuh asal ada kemauan. Terlebih jika para mahasiswa berhasil mendapat beasiswa untuk berkuliah ke luar negeri.

Liputan6.com, Mataram Pengalaman Pendidikan Zulkieflimansyah, Gubernur NTB periode 2018-2023 yang telah melanglang buana mulai dari universitas dalam negeri hingga luar negeri, memancing ghirah para mahasiswa untuk lebih semangat mengasah kemampuan mereka.

Hal itu terungkap saat Zulkieflimansyah bertemu sekaligus berdiskusi dengan para mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mataram di salah satu angkringan di kota Mataram. Pada pertemuan tersebut, Zulkieflimansyah membagi pengalaman studi mulai dari sekolah hingga menyelesaikan gelar doktoral.

“Banyak yang bisa dipetik dari pengalaman beliau (Zulkieflimansyah) mulai dari Mahasiswa hingga menjadi Gubernur. Intinya, proses panjang pasti akan bagus untuk masa depan,” ujar Aris Munandar, ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mataram, ditulis, Kamis (04/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beasiswa

Aris mengatakan, pengalaman Zulkieflimansyah mulai dari ketua BEM di Universitas Indonesia hingga melanjutnya studi S2 dan S3 di luar negeri dinilai menjadi motivasi yang sangat berharga bagi kalangan mahasiswa S1, Khususnya mahasiswa Unram.

Menurutnya, pengalaman yang telah dilalui oleh Zulkieflimansyah, juga bisa mereka tempuh asal ada kemauan. Terlebih jika para mahasiswa berhasil mendapat beasiswa untuk berkuliah ke luar negeri.

“Sangat memotivasi kami yang sedang studi S1 bagaimana ke depannya bisa membaca keadaan dan peluang untuk masa depan yang cerah seperti beliau. Tentu kami ingin seperti beliau yang pinter dan memiliki ilmu di atas rata rata. Kami ingin seperti beliau,” kata Aris.

Untuk itu ia berharap agar pemerintah provinsi NTB tetap memberikan peluang kepada mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri, misalnya dengan pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi.

“Keinginan untuk melanjutkan studi ke luar negeri ada, kesempatan emas di luar negeri ada wadah beasiswa untuk itu. Respon temen temen yang sudah hadir juga sama. Mereka ingin mendapatkan akses yang sama dan berusaha mendapatkan beasiswa itu,” kata dia.

Pengalaman Zulkieflimanyah terbilang cukup membangggakan. Karier organisasi yang ditempuh sangat cemerlang mulai dari ketua senat Mahasiswa Universitas Indonesia yang sekarang berganti nama menjadi BEM UI.

Kemudian, selama menempuh Pendidikan di luar negeri ia juga aktif berperan di berbagai organisasi mahasiswa. Seperti menjadi Presiden Stratchclyde Moslem Student Association Glasgow, Inggris. Ketua Pelajar Indonesia di Glasgow, Inggris dan juga pernah menjadi Ketua Mahasiswa Muslim Indonesia di Britania Raya dan sekitarnya.

Sebelum menjabat sebagai Gubernur NTB, Bang Zul (Sapaan akrab) telah menjalani karir politiknya sebagai anggota DPR-RI tiga periode dari partai Keadilan Sosial. Saat ini, Bang Zul digadang-gadang akan mencalonkan diri kembali pada kontestasi politik pemilihan Gubernur NTB 2024.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.