Sukses

Cuaca Ekstrem Melanda Sulut, BMKG Ingatkan Warga Berhati-hati

"Beberapa hingga sebagian besar kabupaten dan kota di Sulut berpotensi cuaca ekstrem hingga beberapa hari ke depan," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle pada, Minggu (31/3/2024)

Liputan6.com, Manado - Cuaca ekstrem kembali melanda Sulut dalam beberapa hari terakhir ini. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga berhati-hati apabila beraktivitas saat cuaca ekstrem.

"Beberapa hingga sebagian besar kabupaten dan kota di Sulut berpotensi cuaca ekstrem hingga beberapa hari ke depan," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle pada, Minggu (31/3/2024).

Ben mengatakan, beberapa hingga sebagian besar wilayah Sulut berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga tanggal 2 April 2024," katanya.

Terkait kondisi itu, dia berharap warga mewaspadai bencana tanah longsor, banjir hingga pohon tumbang khususnya di daerah terjal, berbukit hingga bantaran sungai.

Pada Minggu (31/3/2024), Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur berpotensi cuaca ekstrem.

Di hari berikutnya, diperkirakan terjadi di Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sedangkan di tanggal 2 April hujan deras yang dapat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara.

Juga terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

“Untuk itu kembali diingatkan agar warga yang akan melakukan aktivitas terutama di luar rumah untuk memperhatikan kondisi ini,” ujarnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.
    Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

    Manado

  • Sulut