Sukses

Cloudflare, Lindungi Demokrasi Global dari Ancaman Teknologi Musim Pemilu

Cloudflare menilai pentingnya layanan dalam menjaga keandalan dan keamanan informasi terkait pemilihan dari pihak yang ingin mengganggu proses ini semakin jelas.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 2024, akan ada lebih dari 80 pemilihan nasional yang dijadwalkan, memengaruhi sekitar 4,2 miliar orang di negara seperti Indonesia, Amerika Serikat, India, Uni Eropa, dan lainnya. Ini adalah siklus pemilihan terluas yang pernah ada hingga 2048.

Pemilihan adalah pondasi demokrasi yang memberi warga negara sarana untuk membentuk pemerintahan mereka, menuntut pertanggungjawaban dari pemimpin mereka, dan berpartisipasi dalam proses politik.

Selama tujuh tahun terakhir, Cloudflare telah mendukung pemerintah negara bagian dan lokal yang menyelenggarakan pemilihan secara gratis.

Melihat pemilihan di seluruh dunia, Cloudflare menilai pentingnya layanan dalam menjaga keandalan dan keamanan informasi terkait pemilihan dari pihak yang ingin mengganggu proses ini semakin jelas.

Pejabat pemilihan menghadapi tantangan yang semakin rumit, memerlukan pertukaran informasi, peningkatan kapasitas, dan kerja sama untuk melindungi demokrasi.

Cloudflare menyediakan alat keamanan, kinerja, dan keandalan kepada berbagai pihak dalam sektor pemilihan untuk memfasilitasi proses demokrasi. Melalui proyek Cloudflare Impact, melindungi lebih dari 2.900 domain, belajar cara melindungi kelompok rentan secara online.

Selama Security Week, Cloudflare menyoroti persiapan untuk kelompok yang bekerja dalam pemilihan di seluruh dunia pada 2024, serta tren ancaman yang berkembang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pandangan Tahun Pemilu

Pemerintah negara bagian dan lokal memainkan peran penting dalam seluruh proses pemilihan. Mereka perlu memastikan pemilihan berlangsung adil, aman, dan efisien, mulai dari registrasi pemilih hingga pelaporan hasil.

Para pejabat pemilihan memiliki tanggung jawab besar untuk menyelenggarakan pemilihan yang bebas dan adil. Mereka menghadapi ancaman yang kompleks, mulai dari manipulasi pemilih hingga kekerasan fisik.

Dalam mengamankan infrastruktur online, langkah-langkah seperti melindungi sistem pendaftaran pemilih dan memastikan integritas informasi pemilihan menjadi penting.

"Kami menggunakan layanan kami untuk mendukung pemilihan yang bebas dan adil, melalui kemitraan dengan berbagai pihak untuk memberikan keamanan terbaik bagi proses demokrasi."

 

3 dari 5 halaman

Tren Internet Selama Pemilu

Tren Internet selama pemilihan dapat bervariasi, seperti penurunan lalu lintas pada hari pemilihan di beberapa negara seperti Prancis dan Brasil pada 2022.

Di Indonesia, ada penurunan lalu lintas Internet pada hari pemilihan 14 Februari 2024, namun penggunaan perangkat seluler mencapai puncak tertinggi dalam setahun pada hari itu.

Gangguan massal Internet selama pemilihan di Pakistan pada 8 Februari 2024 menimbulkan kekhawatiran terhadap keamanan pemilihan.

 

4 dari 5 halaman

Persiapan Terhadap Hal-hal yang Tak Terduga

Cloudflare terus mempelajari ancaman dan menawarkan solusi untuk meningkatkan keamanan pemilihan, seperti melalui Proyek Athenian yang melindungi situs web pemerintah negara bagian dan lokal.

Cloudflare melakukan analisis dan memberikan saran kepada pemerintah negara bagian dan lokal untuk meningkatkan keamanan pemilihan, seperti mencegah serangan phishing dan mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor.

Cloudflare mengidentifikasi kekhawatiran utama pejabat pemilihan terkait serangan siber, seperti reputasi dan kepercayaan.

Terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan keamanan pemilihan, termasuk melalui Proyek Galileo dan Cloudflare for Campaigns.

 

5 dari 5 halaman

Menghadapi Super Tuesday

Cloudflare mengamati lonjakan lalu lintas selama Super Tuesday ke situs web pemerintah, kampanye, dan partai politik yang kami lindungi.

Meskipun tidak ada ancaman digital yang kredibel terhadap Super Tuesday, Cloudflare tetap waspada dan siap untuk memberikan dukungan keamanan.

Cloudflare berkomitmen untuk terus mendukung pemilihan yang adil dan demokratis di seluruh dunia melalui layanan kami dan kemitraan dengan berbagai pihak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.