Sukses

Tips Manjur Agar Tetap Produktif saat Puasa

Salah satu kunci agar tetap produktif saat puasa adalah dengan lebih cermat memanfaatkan energi yang ada.

Liputan6.com, Yogyakarta - Meski sedang puasa, tubuh harus tetap produktif setiap harinya. Oleh sebab itu, penting untuk selalu menjaga stamina saat berpuasa.

Dengan energi yang didapat saat sahur, tubuh harus tetap dapat produktif bekerja sepanjang hari. Salah satu kunci agar tetap produktif saat puasa adalah dengan lebih cermat memanfaatkan  energi yang ada.

Selain itu, penting juga untuk mengatur ritme pekerjaan yang disesuaikan dengan kebiasaaan baru saat tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman sepanjang hari. Mengutip dari laman djkn.kemenkeu.go.id, berikut tips produktif saat puasa:

1. Niat

Tips utama adalah niat. Jika sudah memiliki niat di dalam hati untuk bekerja dengan semangat dan produktivitas tinggi, maka puasa tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan.

2. Cukupkan porsi makan saat sahur

Cukupkan porsi dan nutrisi pada menu-menu sahur. Dengan demikian, cadangan energi akan terpenuhi.

Sebaiknya, hindari porsi makanan yang berlebihan. Makanlah secukupnya dengan menyiapkan menu-menu seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atur Jam Tidur

3. Atur jam tidur

Tips agar tetap produktif saat berpuasa yang tak kalah penting adalah dengan mengatur jam tidur. Hindari kebisaan tidur larut malam dan cobalah tidur lebih awal selama puasa Ramadan.

4. Isi jam istirahat dengan kegiatan positif

Manfaatkan jam istirahat makan siang dengan melakukan berbagai aktivitas positif dan menyenangkan. Kamu bisa berjalan-jalan di lingkungan kantor, berbincang tentang hal-hal positif dengan rekan kerja, atau melihat video-video edukatif dan menghibur di YouTube atau media sosial lainnya.

Kamu juga bisa mengisi jam istirahat makan siang dengan tidur selama 20-30 menit. Dengan begitu, badan akan merasa segar dan siap bekerja kembali.

5. Rutin beribadah

Terpenting, manfaatkan bulan Ramadan dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Rutin beribadah juga bisa menjadi tips manjur agar lebih produktif selama berpuasa. Dengan demikian, beribadah akan menjadi rutinitas yang menyenangkan.

6. Menjaga kesehatan tubuh

Tentu saja, menjaga kesehatan tubuh adalah sebuah keharusan bagi setiap individu. Hindari makan makanan sembarangan, gorengan, dan minuman dingin yang berlebihan.

Selain itu, hindari juga kegiatan yang tidak mendukung produktivitas dan menguras banyak stamina, seperti olahraga berat. Sebagai gantinya, kamu bisa berolahraga ringan, misalnya jalan kaki menjelang berbuka puasa.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini