Sukses

Cari Tempat Makan untuk Acara Munggahan? Yuk, Melipir ke Purwakarta Surganya Sate Maranggi

Munggahan, sudah menjadi tradisi masyarakat untuk menyambut datangnya bulan Ramadan. Tempat makan, biasanya menjadi pilihan favorit.

Liputan6.com, Purwakarta - Pelaksanaan puasa Ramadan, tinggal menghitung hari. Beragam kegiatan, biasanya dilakukan masyarakat untuk menyambut bulan suci umat Islam tersebut. Umumnya, kegiatan yang dilakukan hanya sekadar berkumpul bersama keluarga atau kerabat sembari makan bersama di suatu tempat.

Munggahan, begitulah biasanya masyarakat menyebut kegiatan yang mungkin sudah menjadi tradisi tahunan itu. Lokasi wisata atau tempat jajanan, biasanya menjadi salah satu tujuan mereka untuk berkumpul di momen munggahan itu.

Bagi masyarakat yang hendak menggelar tradisi munggahan di luar rumah, mungkin tak ada salahnya mampir ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Karena, di wilayah ini banyak tempat yang direkomendasikan, baik untuk acara makan-makan atau sekadar berkumpul dengan kerabat dekat di kala menyambut datangnya Ramadan.

Seperti diketahui bersama, di momentum munggahan masyrakat biasanya akan berburu kuliner khas. Kali ini, Liputan6.com membantu merangkum beberapa rumah makan recommended di wilayah ini yang menyediakan menu utama Sate Maranggi dan bisa dijadikan lokasi munggahan.

Warung atau rumah makan yang akan kita bahas, merupakan yang paling terfavorit. Indikatornya bisa terlihat dari jumlah pengunjungnya yang kerap membludak di momentum tertentu termasuk saat munggahan. Selain menu makanannya cukup komplet, beberapa rumah makan ini juga lokasinya cukup representatif dan bikin nyaman.

Berikut beberapa rumah makan dengan menu utama Sate Maranggi yang bisa dijadikan pilihan untuk acara Munggahan:

1. Sate Maranggi Haji Oking

Rumah makan Haji Oking, merupakan salah satu tempat makan sate terfavorit yang ada di jalur utama Purwakarta-Wanayasa. Buktinya, bukan hanya kalangan masyarakat dari dalam kota, pengunjungnya yang datang pun kebanyakan dari luar daerah.

Menu utama dari rumah makan Sate Maranggi sudah ada sejak 1985 itu bukan hanya sate maranggi dengan bahan dasar daging kambing muda. Namun, ada juga sate maranggi berbahan daging sapi, termasuk sop dengan kuah yang sangat lezat.

Warung sate maranggi Haji Oking, mungkin bisa menjadi salah satu pilihan untuk mereka yang mencari tempat makan enak untuk acara munggahan. Selain lokasinya cukup strategis, rumah makan ini juga cukup refresentatif.

2. Warung Sate Maranggi Pareang

Selain rumah makan Haji Oking yang lokasinya cukup strategis, di sekitar wilayah Kecamatan Wanayasa juga ada lagi warung Sate Maranggi yang selama ini kerap diburu penikmat kuliner, terutama pejabat negara dari pemerintah derah maupun dari berbagai daerah.

Adalah rumah makan Sate Maranggi Pareang. Banyak orang yang sudah mengenal rumah makan sate maranggi yang berdiri sejak 1970 itu. Lokasinya berada di Kecamatan Kiarapedes.

Tak seperti Sate Maranggi Haji Oking, rumah makan Pareang ini memang lokasinya cukup jauh dari jalur provinsi yang berbatasan dengan Kabupaten Subang itu. Namun, bagi para penikmat kuliner jarak tak akan jadi halangan untuk menikmati hidangan original daerah ini.

Konon, Sate Maranggi Pareang ini terkenal dengan originalitasnya. Rasa satenya juga sangat khas. Selain sate maranggi, di warung nasi ini ada juga menu lainnya yaitu bakakak ayam kampung dan karedok.

Menurut pantauan Liputan6.com, sate maranggi Parengan sangat direkomendasikan untuk dijadikan lokasi acara munggahan bersama kerabat atau keluarga. Apalagi, tempatnya cukup nyaman karena berada di tengah perkampungan dengan semilirnya angin pegunungan.

3. Sate Maranggi Bah Use

Untuk rumah makan selanjutnya, ada Sate Maranggi Bah Use. Lokasinya, di Desa Cihuni, Kecamatan Pasawahan atau beberapa kilometer dari kantor Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Mungkin tak banyak yang tahu jika Sate Maranggi di sini sangat terkenal di kalangan backpacker. Tak heran, warung sate Bah Use juga dikenal dengan sebutan Sate Maranggi backpacker.

Bagaimana rasa dari Sate Maranggi di Bah Use? Tentu dong tidak akan mengecewakan. Rasanya, gurih manis dengan tekstur dagingnya yang empuk. Soal tempat, juga cukup refresentatif untuk dijadikan lokasi acara munggah.

Makan di sini akan terasa nikmat karena nasi yang dihidangkannya pun masih hangat. Sehingga bisa menambah kenikmatan saat menyantap Sate Maranggi.

4. Sate Maranggi Haji Yetti

Kalau rumah makan Sate Maranggi yang satu ini sudah tidak diragukan, karena sangat populer hingga ke luar daerah. Bahkan, sudah go Internasional juga.

Setiap akhir pekan, Sate Maranggi Haji Yetty kerap didatangi ribuan pengunjung. Untuk lokasinya sendiri, cukup strategis. Yakni, di area perkebunan jati di Kecamatan Bungursari, atau tak jauh dari Gerbang Tol Cikopo.

Kalau soal rasa, sudah pasti tak diragukan lagi. Lokasi ini pun sangat cocok untuk dijadikan lokasi acara munggahan. Selain tempatnya cukup luas dan nyaman, para pengunjung juga bisa memilih makanan sesuai selera, karena menu makanan yang disiapkan cukup banyak.

Itulah beberapa rumah makan Sate Maranggi terfavorit yang recommended untuk dijadikan lokasi munggahan bersama keluarga tercinta. Mau coba? Yuks mampir ke Kabupaten Purwakarta, dijamin ketagihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini