Sukses

Bijak Finansial, Kolaborasi Ini Gandeng Gen Z Melek Literasi Keuangan

Rupiah Cepat berkolaborasi dengan Komunitas Bangunkota dan Tri Bhakti Business School menyelenggarakan kegiatan Financial Education for Youth Entrepreneur dengan Topik acara yang diangkat mengenai Dana Darurat dan Pengelolaan Manajemen Uang yang berlokasi di Kampus Tri Bhakti Business School, Kota Bekasi.

Liputan6.com, Jakarta - Rupiah Cepat berkolaborasi dengan Komunitas Bangunkota dan Tri Bhakti Business School menyelenggarakan kegiatan Financial Education for Youth Entrepreneur dengan Topik acara yang diangkat mengenai Dana Darurat dan Pengelolaan Manajemen Uang yang berlokasi di Kampus Tri Bhakti Business School, Kota Bekasi.

Minimnya literasi keuangan yang dialami oleh sebagian Gen Z dan Generasi Millenial mengakibatkan masalah utama diantara lain ketidakmampuan mengelola keuangan, tabungan hingga dana darurat. Tidak hanya itu, Kurangnya Kesadaran akan Perencanaan Masa Depan dan Kurangnya Kesadaran akan Produk Keuangan mengakibatkan sebagian gen Z dan generasi millenial tidak cukup bijak mengambil keputusan terhadap skala prioritas keuangan yang harus dilakukan.

Tantangan Indonesia kedepan, tidak hanya sekedar mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul namun juga berdaya saing hingga level dunia. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan daya saing masing-masing individu Gen Z dan Millenial yaitu dengan mencetak wirausaha-wirausaha baru yang mampu beradaptasi seiring dengan perkembangan zaman society 5.0.

Oleh karena itu, Salah satu cara untuk mempersiapkan SDM Wirausaha Muda Indonesia yaitu dengan melaksanakan Talkshow yang bertemakan "Financial Education for Youth Entrepreneur sebagai lokomotif menuju Indonesia Emas 2045," kata Direktur Rupiah Cepat Anna Maria Chosani.

Pada kesempatan kali ini, turut mengundang Pakar dan Professional yang dapat mengupas tuntas secara komprehensif terkait Hidup Hemat, Investasi Cerdas melalui Literasi Finansial yang insyaAllah akan disampaikan langsung oleh Ibu Rista Zwestika, CFP, WMI selaku Head of Advisory and Investment PINA. Tidak hanya beliau, Turut mengundang Narasumber lainnya seperti Ibu Anna Maria Chosani selaku Director of Rupiah Cepat, Bapak Andrisyah Tauladan selaku Corporate Communication Director Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan Bapak Irvan F.C.O, SE., MM selaku Dosen Tri Bhakti Business School.

Acara Talkshow Financial Literacy for Youth Entrepreneur akan dipandu langsung oleh Vita Damayanti selaku MC (Master of Ceremony) dan Sesi Diskusi akan dimoderatori oleh Imam Pesuwaryantoro selaku PR Director of Bangun Kota. Tidak hanya itu, Turut mengundang 100 Mahasiswa Tri Bhakti Business School yang akan menghadiri Talkshow dari berbagai macam latar belakang lintas jurusan, Memiliki Ketertarikan Minat dan Bakat tentang Bisnis, serta Sedang merintis Startup atau UKM. "Dari sini, kita akan terus kembangan anak muda Bekasi yang berkarakter Youth Creativepreneur, guna memberikan dampak baik dan positif tidak hanya bagi dirinya tapi juga Bekasi dan Indonesia" ucap Abi Sutanrai selaku Presiden Bangunkota.

Pada awal dan akhir serangkaian acara, Komunitas Bangun Kota juga membantu menyiapkan parameter berupa kuisioner bagi peserta yang hadir dengan mengisi pre-test dan post-test sebagai salah satu matriks bagaimana peserta dapat betul-betul memahami konteks literasi keuangan secara komprehensif.

Harapan dari terselenggaranya Talkshow Financial Literacy for Youth Entrepreneur di Tri Bhakti Business School, Kota Bekasi yaitu mengakselerasi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul berdasarkan minat dan bakat serta menumbuhkan semangat mindset berwirausaha yang berbasiskan ekonomi kreatif dan nilai-nilai Sustainable Development Goals (SDGs).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.