Sukses

Warga Sulut Waspadai Cuaca Ekstrem Hingga 3 Hari ke Depan

Sebagian besar wilayah Sulut berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Liputan6.com, Manado - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Sulut agar mewaspadai cuaca ekstrem tiga hari ke depan. Hal ini untuk menghindari dampak cuaca ekstrem tersebut.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem tanggal 23-25 Februari 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle pada Kamis (22/2/2024).

Ben mengatakan, sebagian besar wilayah Sulut berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Dia berharap, warga waspada ketika melakukan aktivitas pada saat cuaca ekstrem, serta berhati-hati potensi bencana banjir, tanah longsor, bahkan pohon tumbang.

“BMKG akan membantu warga memutakhirkan data dan informasi terbaru cuaca ekstrem, dapat diakses serta telah terverifikasi,” ujarnya.

Ben menyebutkan, di tanggal 23 Februari cuaca ekstrem berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Di hari berikutnya, 24 Februari, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sedangkan, di tanggal 25 Februari, kondisi cuaca serupa diprediksi terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kota Kotamobagu.

“Cuaca ekstrem juga akan melanda Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Timur,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.
    Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

    Manado

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • Sulut