Sukses

Jangan Cepat Mengklaim, Ini Perbedaan Sosiopat dan Psikopat

Seorang ahli kesehatan mental tidak akan mendiagnosis keduanya. Namun, beberapa psikolog dan peneliti membuat perbedaan sosiopat dan psikopat.

Liputan6.com, Yogyakarta - Banyak yang mengatakan jika sosiopat adalah penggambaran bagi orang yang memiliki gangguan kepribadian antisosial. Gejala yang ada biasanya pengabaian terhadap orang lain, kurangnya empati, dan perilaku tidak jujur.

Namun, apa itu sosiopat? Dinukil dari Healthline, istilah sosiopat mengacu pada seseorang yang hidup dengan gangguan kepribadian antisosial (ASPD), atau seperti halnya istilah psikopat.

Edisi terbaru dari “Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental” (DSM-5-TR), yang digunakan oleh para profesional kesehatan mental untuk mendiagnosis kondisi kesehatan mental, mendefinisikan ASPD sebagai pengabaian yang konsisten terhadap aturan dan norma sosial serta pelanggaran berulang terhadap kondisi kesehatan mental lainnya. hak-hak rakyat.

Ada yang menganggap orang dengan kondisi gangguan sosiopat mungkin tampak menawan dan karismatik, setidaknya saat dilihat dari sisi luar. Namun, umumnya mereka merasa sulit memahami perasaan orang lain.

Berikut ini adalah hal yang bisa terjadi pada sosiopat:

- melanggar peraturan atau hukum

- berperilaku agresif atau impulsif

- merasa sedikit bersalah atas kerugian yang mereka timbulkan pada orang lain

- menggunakan manipulasi, pengelabuan, dan perilaku pengendalian

Baik sosiopat maupun psikopat telah menjadi istilah yang dikenal baik di kalangan profesional kesehatan mental, tetapi keduanya tidak mewakili diagnosis resmi.

Mereka juga membawa banyak stigma, terutama bagi orang-orang yang mengidap gangguan kepribadian tersebut. Ada baiknya untuk tidak mengklaim siapa pun yang menunjukkan perilaku kekerasan atau manipulatif sebagai sosiopat atau psikopat.

Misalnya, daripada melabeli mantan pacar yang suka mengontrol sebagai sosiopat, baiknya fokus pada perilaku dan tindakan tertentu.

Dalam konteks klinis, tidak ada perbedaan nyata antara sosiopat dan psikopat. Seorang ahli kesehatan mental tidak akan mendiagnosis keduanya. Namun, beberapa psikolog dan peneliti membuat beda sosiopat dan psikopat. Istilah-istilah ini menawarkan dua cara yang sedikit berbeda dalam memahami diagnosis ASPD.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terencana

Psikopat terkadang dipandang melibatkan perilaku yang lebih terencana. Perilaku tersebut mungkin tidak berupa kekerasan, tetapi biasanya sudah direncanakan.

Selanjutnya, beberapa orang menganggap sosiopat tidak separah psikopat, karena tidak melibatkan manipulasi atau kekerasan yang diperhitungkan. Namun hal tersebut belum tentu benar. Tindakan kekerasan, penipuan, atau impulsif masih dapat menyebabkan banyak kerusakan dan kesusahan, baik direncanakan atau tidak.

Robert Hare, psikolog yang menciptakan Daftar Periksa Psikopat (PCL-R), mendefinisikan seseorang dengan sosiopat selalu melibatkan hati nurani dan perasaan benar dan salah, atau moralitas.

Namun, moralitas tersebut tidak sejalan dengan norma budaya dan sosial. Sebaliknya, penderita sosiopat sering kali membenarkan tindakan yang mereka anggap salah.

Singkatnya, orang dengan sosiopat memiliki sedikit empati dan kebiasaan merasionalisasi tindakan mereka. Tapi mereka tahu perbedaan antara benar dan salah.

Psikopat, menurut Hare, tidak melibatkan rasa moralitas atau empati. Penelitiannya dari 2013 menunjukkan perbedaan antara psikopat dan sosiopat mungkin berhubungan dengan perbedaan di otak, termasuk volume materi abu-abu dan perkembangan amigdala.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.