Sukses

Hasil Hitung Sementara KPU, Suara PSI di Pulang Pisau Tembus 6,79 Persen

Perolehan suara Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) menyentuh angka 6,79 persen dengan perolehan suara 5619 suara.

Liputan6.com, Jakarta Perolehan suara Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) menyentuh angka 6,79 persen dengan perolehan suara 5619 suara.

Hal tersebut dilansir dari hasil rekapitulasi situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin 19 Februari 2024 pukul 10:06 WIB dengan progress perhitungan suara yang masuk mencapai 59.95 persen.

Ketua Harian Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Kalteng, Rano Rahman mengatakan pihaknya tetap optimis jika suara partainya di Kalteng akan terus bertambah seiring berjalannya proses rekapitulasi dari KPU.

"Hasil tersebut belum final dan kami optimis suara PSI akan terus bertambah, seiring berjalannya proses rekapitulasi," ungkap Rano Rahman, Senin (19/2/2024).

Rano Rahman juga meminta seluruh kadernya untuk terus mengawal suara PSI yang masuk pada proses rekapituasi KPU. Hal tersebut untuk mencegah kecurangan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tak hanya di Pulang Pisau, Suara DPR RI PSI di Kabupaten Barito Timur Kalteng juga menembus angka 4,58 persen dengan perolehan suara 1385 dengan total perhitungan suara yang masuk dari TPS sekitar 65.24%.

"Kami akan kawal terus suara PSI, sesuai dengan instruksi Dewan Pimpinan Pusat," tambah Rano

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie beberapa hari lalu mengaku optimistis partainya akan membus ambang batas parlemen, meskipun hasil hitung cepat beberapa lembaga survei menujukan PSI belum menembus angka 4 persen.

"Harus diketahui publik, hitung cepat memiliki margin error dan PSI masih dalam rentang margin error, apalagi di hitung cepat internal PSI menunjukkan hasil 4.2% jadi masih aman dan meyakinkan PSI akan lolos ke Senayan," ujar Grace Natalie.

Menurut Grace, survei internal partainya menyatakan bahwa PSI mengalami tren positif dalam setengah tahun terakhir. Maka dari itu, ia mengimbau agar kader PSI dan masyarakat untuk terus mengawal rekapitulasi penghitungan suara di lapangan.

“Kami masih optimis PSI akan lolos kebutuhan parlemen 4 persen menuju ke Senayan, mengingat ada survei internal yang kami lakukan sebelum mendekati pemilu, bahkan suara PSI sudah 4 persen lebih,” katanya.

Sekedar informasi, PSI membuka posko investigasi bagi kader maupun masyarakat yang menemukan bukti kecurangan dalam penghitungan suara. Posko tersebut dibuka secara daring via nomor WhastApp 082310878606 atau 082310878604 atau 082310878624.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini