Sukses

Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Pangandaran

Pangandaran menjadi salah satu destinasi wisata alam populer di Indonesia. Berikut ini adalah sejumlah wisata alam terbaik di Pangandaran.

Liputan6.com, Bandung - Pangandaran sering disebut sebagai surga tersembunyi di tepi barat Jawa karena pemandangan alamnya yang mempesona. Selain itu tempat ini tidak hanya menyajikan pemandangan alam luar biasa tetapi juga kuliner lokal yang memanjakan lidah.

Wisata alam di Pangandaran yang paling terkenal adalah wisata pantai mempesona dan sungai yang mengalir tenang. Destinasi wisata di daerah ini juga masih menjadi wisata favorit masyarakat lokal khususnya warga Jawa Barat.

Pangandaran memiliki keindahan alam yang memukau dan cocok untuk dikunjungi oleh orang-orang yang lelah dengan hiruk pikuk kota. Selain itu sejumlah pantai yang ada di Pangandaran kerap kali luas dengan pasir yang lembut.

Ombak yang menerpa pinggir pantai Pangandaran juga menampilkan pemandangan yang indah terutama ketika berpadu dengan waktu sunset. Pemandangan tersebut menjadi momen yang sangat dinantikan oleh para wisatawan.

Selain itu, pengunjung juga senang menikmati keindahan alam sekitar dengan menyusuri sungai menggunakan perahu atau sekadar berenang di air yang jernih sekitar sungai. Kegiatan tersebut tentunya menjadi kegiatan favorit sejumlah pengunjung.

Melansir dari beberapa sumber Pangandaran memiliki beragam tempat wisata alam yang menakjubkan untuk dikunjungi. Bahkan, tempat-tempat tersebut sering memberikan pengalaman menarik dengan sejumlah aktivitas seru.

Contohnya saja, menikmati pantai dengan bersantai di pasir putih, snorkeling, atau menaiki perahu. Kemudian pengunjung juga bisa menikmati sungai jernih di Pangandaran dengan berenang atau menyusuri sungai menggunakan perahu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Pangandaran

1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran tentunya menjadi destinasi wisata paling populer dan terbaik di Pangandaran. Pantai ini berada di paling selatan Jawa Barat dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Wisatawan lokal dan mancanegara menjadikan Pantai Pangandaran sebagai spot wisata favorit terutama untuk melihat sunrise atau sunset. Selain itu panorama alam dan ombak pantainya yang indah menjadikan tempat ini ramai dikunjungi.

Selain itu Pantai Pangandaran juga menyajikan sejumlah aktivitas seru mulai dari bermain di tepi pantai, bermain sepeda atau ATV, surfing, atau menikmati kuliner di warung-warung yang ada di sekitar pantai.

2. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas merupakan salah satu pantai yang ada di Kabupaten Pangandaran atau alamatnya ada di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Pantai ini berlokasi sekitar 34 km dari Pantai Pangandaran dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit. Pantai Batu Karas terkenal sebagai pantai santai yang bisa digunakan untuk berenang atau berselancar. karena ombaknya yang tidak terlalu besar.

Selain itu, pengunjung juga bisa bermain air, bermain banana boat, atau sekadar menikmati sunset dan sunrise di pinggir pantai.

3 dari 4 halaman

Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Pangandaran

3. Green Canyon

Seperti namanya Green Canyon merupakan wisata alam yang menyajikan sejumlah aktivitas mulai dari menaiki perahu dan menikmati pemandangan alam, berenang, atau body rafting di sekitar sungai.

Green Canyon berlokasi di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran atau sekitar 31 km dari Pantai Pangandaran. Tempat wisata ini buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga 16.00 kecuali pada hari Jumat buka pukul 13.00 dan di akhir pekan pukul 07.30.

4. TWA Cagar Alam

TWA Cagar Alam atau Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran merupakan tempat wisata yang mengajak wisatawan mengenal pohon dan spesies lokal. Selain itu terdapat gua-gua, kawasan karst, hingga pemandangan pantai dengan terumbu karang yang cantik.

Pengunjung yang datang ke TWA Cagar Alam akan mendapatkan wawasan baru terutama menikmati rekreasi dengan melihat satwa, hutan, dan pantai. Lokasinya sendiri ada di Pananjung, Kec. Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pada pukul 07.00 hingga 17.00.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Pangandaran

5. Sungai Citumang

Sungai Citumang adalah salah satu tempat wisata favorit wisatawan yang gemar beraktivitas di air. Pasalnya tempat ini menyajikan pemandangan aliran sungai kehijauan dan pengalaman body rafting menyenangkan.

Selain itu ketika melakukan body rafting terdapat pemandangan hutan dan pepohonan indah dari sisi kanan dan kirinya. Lokasinya sendiri ada di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

6. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Pangandaran berlokasi sangat dekat dengan kawasan TWA Cagar Alam Pangandaran. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan pasir putih lembut mempesona.

Selain itu pengunjung bisa melihat adanya bangkai kapal viking yang besar dengan air laut yang biru. Jarak Pantai Pasir Putih tidak jauh dengan Pantai Pangandaran karena hanya disekat oleh teluk Pananjung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini