Sukses

Anime Festival Asia Bakal Kembali Digelar di Jakarta Mei 2024

Ini adalah kali ketiga AFA digelar di Indonesia. AFA kali pertama diadakan di Indonesia pada 2012.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kabar bahagia untuk para pencinta anime di Indonesia. Anime Festival Asia (AFA) bakal kembali digelar di Jakarta Convention Center pada 3-5 Mei 2024.

Penyelenggara, SOZO, bekerja sama dengan promotor PK Entertainment untuk menyusun seluruh rangkaian acara festival ini. Mengutip dari akun media sosial AFA dan PK Entertainment, acara tersebut akan menampilkan berbagai pengisi acara, pameran komersial, kreator mandiri, dan masih banyak lagi.

Ini adalah kali ketiga AFA digelar di Indonesia. AFA kali pertama diadakan di Indonesia pada 2012. Acara tersebut berhasil memikat para penggemar anime Indonesia dan menciptakan peluang bisnis bagi industri di pasar lokal.

Gelaran AFA tahun ini juga spesial karena menjadi awal baru setelah diadakan terakhir kali di Indonesia pada 2018. Tak heran, jika informasi ini menjadi kabar gembira bagi penggemar budaya populer Jepang di Indonesia.

Mengutip dari berbagai sumber, AFA 2024 bakal digelar di area pameran seluas lebih dari 11.000 meter persegi. Beragam acara dan kegiatan menarik pun telah dipersiapkan penyelenggara. Hingga saat ini, pihak promotor maupun penyelenggara belum memberikan informasi lebih detail mengenai acara tersebut.

Sebagai informasi, Anime Festival Asia telah digelar di sejumlah negara di Asia sejak 2008. AFA adalah festival J-Culture dan Anime Comics Game (ACG) terbesar dan paling banyak diikuti di Asia Tenggara. Melalui festival ini, para penggemar budaya populer Jepang dari seluruh Asia Tenggara bisa saling bertemu dan berinteraksi.

Sementara itu, di Indonesia AFA sudah pernah digelar pada 2012 dan 2018. Sejumlah musisi J-Pop populer hadir di acara tersebut, mulai dari Eri Sasaki, violinis Ayasa, hingga Konomi Suzuki. Menariknya, AFA Indonesia 2018 berhasil menghadirkan bintang artificial intelligence (AI) Kizuna AI untuk pertama kalinya.

Kegiatan tersebut juga diwarnai dengan workshop makeup cosplay, meet and greet, kompetisi cosplay, dan lainnya. Tahun lalu, AFA digelar di Suntec Singapore Convention & Exhibition Centre pada 24-26 November 2023. Acara tersebut sekaligus menjadi selebrasi AFA selama 15 tahun.

Setelah menunggu enam tahun lamanya, akhirnya Anime Festival Asia kembali digelar di Jakarta. Anime Festival Asia 2024 dijadwalkan digelar pada 3-5 Mei 2024 di Jakarta Convention Center.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.