Sukses

15.000 Personel TNI Kodam I Bukit Barisan Disiagakan Pengamanan Pemilu 2024

Sebanyak 15.000 personel TNI Kodam I Bukit Barisan disiagakan untuk membantu pihak kepolisian dalam pengamanan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024, terutama di 4 provinsi wilayah kerja.

Liputan6.com, Medan Sebanyak 15.000 personel TNI Kodam I Bukit Barisan disiagakan untuk membantu pihak kepolisian dalam pengamanan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024, terutama di 4 provinsi wilayah kerja.

Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan mengatakan, 4 provinsi wilayah kerja Kodam I Bukit Barisan adalah Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Kepulauan Riau (Kepri), dan Riau.

"Untuk Kodam I, kita kerahkan satu Kompi. Untuk jajaran Polres, satu Pleton TNI. Kita masih banyak, cukup untuk kita siapkan. Dan siap kita kerahkan. Sampai saat ini kekuatan kita 15 ribu untuk Angkatan Darat saja," kata Hasan, usai apel gelar pasukan pengamanan Pemilu 2024 di Lapangan Benteng, Kota Medan, Kamis, 1 Februari 2024.

Ditegaskan Hasan, TNI siap untuk menyukseskan Pesta Demokrasi kali ini. Semua lini akan menjadi perhatian bagi personel, terutama memastikan distribusi logistik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pelaksanaan hari pemungutan suara aman dan lancar.

"TNI siap mendukung pengamanan Pemilu 2024 dengan aman, damai, dan tertib. Wilayah Kodam I ini banyak pulau-pulau yang harus menjadi atensi, seperti Pulau Mentawai, Nias, juga Natuna. Sejauh ini tidak ada masalah," sebutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerahkan Alutsista

Diungkapkan Hasan, TNI juga siap mengerahkan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) untuk transportasi darat, laut, dan udara. Dukungan logistik di pulau-pulau yang berada di wilayah kerja Kodam I Bukit Barisan turut menjadi perhatian.

"Saya dengan Pak Kapolda dan Pj Gubernur Sumut selalu memonitor itu. Kita juga sudah menyiapkan Alutsista jika diperlukan. KPU mendorong logistik untuk pesawat terbang dan kapal laut, kita siapkan," ungkapnya.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, mengimbau masyarakat untuk aktif dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Polisi menjamin kedatangan dan kepulangan masyarakat dari rumah ke TPS berjalan aman. Serta memastikan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah provinsi hingga lingkup lingkungan, kecamatan, dan kabupaten terwujud.

"Kami dengan seluruh Pangdam dan seluruh jajaran terus mengupayakan pencegahan, agar semua bisa mengendalikan dan mengelola keamanan ini, agar lebih baik lagi," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Kawal Pesta Demokrasi

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut, Baskami Ginting, meminta seluruh kontestan Pemilu 2024 untuk turut mengawal pesta demokrasi, demi terwujudnya Pemilu damai, agar para kontestan menjaga suara di masing-masing di TPS.

"Kami minta kepada seluruh TNI, Polri, dan ASN harus netral. Karena ini pesta rakyat. Di sini kita harus bisa memilih pemimpin yang lebih baik. Semua harus berpartisipasi dan jangan golput (golongan putih)," imbaunya.

4 dari 4 halaman

Personel Kodam I Bukit Barisan

Kodam I Bukit Barisan total memiliki kekuatan sebanyak 88.724 personel di 4 provinsi yang menjadi wilayah kerja. Di Sumut sebanyak 45.875 personel, Sumbar 17.569 personel, Kepri 5.914 personel, dan Riau 19.366 personel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.