Sukses

Deretan Idol KPop yang Jadi Full Member KOMCA, Terbaru Jungkook BTS, Soyeon G(I)-DLE, dan Vernon SEVENTEEN

Berikut deretan idol yang berhasil meraih status full member KOMCA di sepanjang 2011 hingga 2024

Liputan6.com, Yogyakarta - Idol Kpop dikenal sebagai artis yang memiliki keterampilan menyanyi dan menari sekaligus. Namun, ada pula yang merangkap sebagai penulis lagu dan produser musik karena memang memiliki kemampuan mumpuni di bidang tersebut.

Salah satu kebanggaan bagi seorang idol adalah meraih status keanggotaan penuh (full member) di Korea Music Copyright Association (KOMCA), yakni organisasi nirlaba yang mewakili hak cipta dari pencipta musik di Korea Selatan.

KOMCA mengelola hak pertunjukan dan penyiaran publik, termasuk hak perekaman dan reproduksi mekanis. Adapun yang mencakup perlindungan KOMCA adalah lagu, lirik, serta komposisi musik.

Tak banyak idol Kpop yang bisa menjadi full member KOMCA. Mengutip dari berbagai sumber, berikut deretan idol yang berhasil meraih status full member KOMCA di sepanjang 2011 hingga 2024:

2011

Tak hanya menjadi face of the group bagi BIGBANG, G-Dragon juga menjadi idol pertama yang menjadi full member KOMCA. Ia memiliki andil besar di balik lagu-lagu hits mereka.

Dengan gayanya yang edgy, G-Dragon mampu menciptakan musik yang inovatif. Ia memadukan musik K-Pop, hip-hop, dan elektronik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2012

2012

Artis solo multi-talenta, Rain, masuk ke dalam daftar full member KOMCA pada 2012. Penyanyi yang terkenal dengan vokalnya yang halus ini juga memiliki kemampuan menari yang mumpuni serta menulis dan memproduksi musik yang menawan.

2013

Mantan member JYJ dan TVXQ, Kim Jaejoong, mendapatkan tempatnya di KOMCA pada 2013. Ia memiliki vokal kuat sekaligus keterampilan menulis lagu yang hebat.

2014

Menyusul G-Dragon, T.O.P menjadi member kedua BIGBANG yang masuk daftar full member KOMCA pada 2014. Selain T.O.P, Kim Junsu JYJ juga meraih kebanggan ini di tahun yang sama.

2015

Idol yang dijuluki Queen of Kpop ini bergabung di KOMCA pada 2015. Ia tidak hanya memikat penonton dengan penampilannya namun juga menunjukkan kreativitas melalui keterampilan memproduksi musik.

 

3 dari 4 halaman

2016

2016

Solis IU mendapatkan tempatnya di KOMCA pada 2016. Terkenal karena suaranya yang manis dan penyampaian cerita melalui musik, ia telah menulis banyak lagu hits yang menunjukkan pemahaman mendalam tentang musik dan lirik.

2017

Pada 2017, vokalis g.o.d, Kim Taewoo, mendapat pengakuan dari organisasi nirlaba ini. Selain suaranya yang penuh perasaan, ia juga memiliki kemampuan menciptakan musik yang menyentuh banyak hati.

2018

Pada 2018, Suga menjadi member pertama BTS yang masuk daftar member KOMCA. Dikenal karena liriknya yang tajam dan rap yang khas, Suga juga telah memproduseri banyak lagu untuk BTS. Ia juga membuktikan keterampilan dalam memproduseri musik dengan berkolaborasi bersama artis-artis lain.

2019

Beberapa idol berhasil menjadi full member KOMCA pada 2019, di antaranya Zico Block B, Woozi SEVENTEEN, Jung Yonghwa CNBLUE, Jinyoung GOT7, B.I, serta Yong Junhyung Highlight. Mereka dikenal memiliki kemampuan penulisan lagu yang luar biasa dan telah berkontribusi banyak terhadap musik.

 

4 dari 4 halaman

2020

2020

Menyusul Suga, dua member BTS berhasil menjadi full member KOMCA pada 2020, yakni RM dan J-Hope. Mereka berperan penting dalam penulisan dan produksi beberapa hit BTS. Selain itu, solois Jay Park juga menjadi full member KOMCA di tahun yang sama.

2021

Pada 2021, Seungyoon dan Mino WINNER bergabung dalam barisan ini. Keduanya telah menunjukkan musikalitas bermusik melalui penampilan dan penciptaan musik.

2022

Pada 2022, Hyunsik BTOB juga diakui karena bakat musiknya. Ia juga telah memainkan peran penting dalam arahan musik BTOB.

2023

Tiga member hip-hop trio atau sub-unit Stray Kids, Bangchan, Changbin, dan Han menjadi full member KOMCA pada 2023. Tergabung dalam sub-unit yang dikenal dengan 3RACHA, mereka menjadi idol generasi ke-4 pertama yang mendapat status keanggotaan tersebut.

2024

Baru-baru ini, KOMCA merilis nama-nama idol yang mendapat pengakuan tahun ini. Dari daftar tersebut, ada nama Jungkook BTS, Soyeon (G)I-DLE, dan Vernon SEVENTEEN.

Jungkook menjadi member keempat BTS yang meraih predikat ini, sedangkan Vernon menjadi member kedua SEVENTEEN yang berhasil menjadi full member KOMCA. Adapun Soyeon (G)I-DLE menjadi member pertama di grupnya yang melengkapi deretan idol yang berhasil menjadi full member KOMCA.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.