Sukses

4 Film Dokumenter Mafia Terbaik yang Tak Boleh Dilewatkan

Banyak judul film fiksi yang mengangkat soal mafia, di Amerika, Italia, hingga Prancis. Menariknya lagi, belakangan mulai banyak diketahui film dokumenter yang mengangkat tema mafia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Banyak yang penasaran dengan dunia mafia di kehidupan nyata. Bagaimana cara bekerja mereka, apa yang mereka lakukan, dan siapa saja orang-orang tersebut.

Biasanya orang hanya menyaksikan kisah fiktif soal mafia di layar lebar. Banyak judul film fiksi yang mengangkat soal mafia, di Amerika, Italia, hingga Prancis. Menariknya lagi, belakangan mulai banyak diketahui film dokumenter yang mengangkat tema mafia.

Dalam film dokumenter, narasi tidak hanya bergantung pada laporan langsung dari pihak-pihak yang terlibat, tetapi juga menyertakan rekaman kehidupan nyata untuk menyampaikan sejarah sejujur mungkin.

Berikut daftar film dokumenter mafia terbaik yang dapat disaksikan.

1. The Making of The Mob

Film dokumenter The Making of the Mob menceritakan kisah bagaimana Mafia Amerika muncul pada awal abad ke-20. Pada musim pertama, serial ini terutama berfokus pada lima keluarga di New York.

Sementara itu, edisi kedua menampilkan faksi Al Capone di Chicago yang dikenal dengan sebutan 'The Outfit'. Sebagian besar adegan dalam serial dokumenter ini diperankan kembali oleh para aktor sehingga membuat The Making of the Mob menjadi tontonan yang menarik.

Seri dokumenter ini dinarasikan oleh Ray Liotta, yang telah membintangi beberapa film gangster terhebat. Meski mendapat tinjauan beragam dari para kritikus, penonton tampaknya terpesona dengan bagaimana serial ini menampilkan Mafia dan operasinya. Serial dapat ditonton streaming di AMC+.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Al Capone: The Untouchable Legend

2. Al Capone: The Untouchable Legend

Al Capone: The Untouchable Legend adalah salah satu dari sedikit judul yang populer dan membuat penasaran semua orang. Film dokumenter ini mengungkap kehidupan salah satu bos kejahatan paling terkenal dan orang-orang di sekitarnya.

Namun, selain membicarakan kejahatannya, film dokumenter ini juga mengagungkan kepribadiannya. Meski hal ini bukan hal baru dalam genre ini, tapi bisa jadi pemicu bagi sebagian orang.

Namun demikian, film dokumenter berdurasi 53 menit ini memberikan gambaran komprehensif tentang bisnis ilegal Al Capone dan bagaimana ia menjadi sosok yang luar biasa. Film dokumenter bisa disaksikan di Tubi dan YouTube.

3. Danny Greene: The Rise and Fall of the Irishman

Danny Greene adalah gangster paling populer di AS. Mereka telah menjadi subjek beberapa proyek. Dia selalu menjadi orang yang menarik, dan Biro Investigasi Federal atau FBI selalu melindunginya. Mengapa? Dia ingin mengambil kendali Cleveland dari Italia.

Film dokumenter ini juga menyajikan kisah mendalam dari orang-orang yang dekat dengan mereka. Aspek lain yang membuat serial ini sangat menarik adalah bagaimana Greene mencapai hal-hal luar biasa sebagai seorang imigran Irlandia. Dia mendominasi dunia bawah pada saat itu dan ingin mengusir orang-orang Italia. Film dokumenter bisa ditonton di Prime Video.

4. Momo: The Sam Giancana Story

Momo: The Sam Giancana Story adalah film dokumenter mafia yang tak boleh terlewatkan. Ketika mendengar nama Chicago, orang pasti selalu teringat pada Al Capone. Namun, di balik ada nama Sam Giancana yang lama berkuasa di sana.

Gangster tersebut merupakan ancaman besar pada masanya, dan orang-orang bahkan menghubungkannya dengan kematian John F Kennedy dan Marilyn Monroe.

Film dokumenter ini menampilkan kisahnya dengan cara yang menarik. Alasan lain yang membuat film dokumenter ini begitu menarik adalah bagaimana ia menggunakan teori konspirasi untuk menjadikan Giancana sebagai sosok yang mengancam. Salah satu teori menyatakan bahwa CIA merekrutnya untuk membantu membunuh Fidel Castro. Film dokumenter bisa ditonton di Tubi.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini