Sukses

Tabrakan KA Turangga Vs KA Bandung Raya, Ini Daftar Kereta Api yang Lakukan Rekayasa Perjalanan

Dengan upaya rekayasa ini, penumpang KA yang hendak melanjutkan perjalanan menuju Bandung, Kiaracondong, dan Tasikmalaya akan disediakan bus untuk overstappen di Stasiun Kroya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kecelakaan Kereta Api (KAA) antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng - Bandung dengan KA Commuterline Baraya Jumat (05/01/2024) pukul 06.03 WIB berimbas pada sejumlah penundaan jadwal perjalanan KA lainnya. Kecelakaan KA Turangga vs KA lokal yang terjadi di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka itu membuat KAI Daop 6 Yogyakarta memberlakukan rekayasa pola operasi.

Upaya ini dilakukan dengan cara jalan memutar dan pengalihan dengan angkutan lain bagi kereta api yang berangkat ke Bandung.

Dengan upaya rekayasa ini, penumpang KA yang hendak melanjutkan perjalanan menuju Bandung, Kiaracondong, dan Tasikmalaya akan disediakan bus untuk overstappen di Stasiun Kroya.

Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengutarakan, jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka sementara ini tidak dapat dilalui akibat insiden kecelakaan pagi tadi.

Sampai saat ini KAI dan pihak-pihak terkait tengah melakukan evakuasi penumpang dari dua rangkai KA yang terlibat kecelakaan adu banteng tersebut.

"Sebagai upaya untuk turut membantu proses evakuasi, Daop 6 Yogyakarta juga mengirimkan bantuan berupa rangkaian crane berbasis rel," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (5/1/2024).

Imbas dari kecelakaan ini, pelanggan yang belum berangkat diperbolehkan untuk melakukan pembatalan perjalanan dengan pengembalian bea 100 persen.

Sebab kejadian ini, pihak KAI memohon maaf kepada seluruh pelanggan atau penumpang yang terdampak. Mereka juga memohon doa agar proses evakuasi berjalan lancar.

Adapun KA yang dilakukan rekayasa untuk memutar di antaranya:

1. Dari Arah Bandung

- Lodaya keberangkatan Stasiun Bandung pukul 06.55

- Argo Wilis keberangkatan Stasiun Bandung pukul 07.40

- Pasundan keberangkatan Stasiun Kiaracondong pukul 10.15

- Lodaya Tambahan keberangkatan Stasiun Bandung pukul 10.20

2. Menuju Arah Bandung

- Lodaya keberangkatan Stasiun Yogyakarta pukul 08.11

- Lodaya tambahan keberangkatan Stasiun Yogyakarta pukul 10.03

- Argo Wilis keberangkatan Stasiun Yogyakarta pukul 12.00

- Pasundan keberangkatan Stasiun Lempuyangan pukul 06.55

(Taufiq Syarifudin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini