Sukses

Dampak Gangguan Perjalanan Buntut Tabrakan Kereta Api di Cicalengka

Kecelakaan kereta terjadi di daerah Cicalengka, Bandung, Jawa Barat pada Jumat (5/1/2024) pagi. Diketahui kecelakaan tersebut melibatkan dua jenis kereta yaitu KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya.

Liputan6.com, Bandung - Kecelakaan kereta api (KA) terjadi di daerah Cicalengka, Kabupaten Bandung pada Jumat (5/1/2024) pagi. Kecelakaan tersebut melibatkan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya.

KA Turangga tujuan Bandung bertabrakan dengan KA Lokal Bandung Raya di jalur petak stasiun Cicalengka-Haurpugur. Saat ini beredar sejumlah foto dan video yang memperlihatkan kondisi tabrakan yang cukup parah.

Manager Humas KAI Daop 2 Ayep turut mengonfirmasi adanya insiden kecelakaan tersebut. Diketahui kecelakaan terjadi pada pukul 06.03 WIB dan kedua kereta tersebut saling bertabrakan.

“Iya (benar) di Cicalengka, kejadian pukul 06.03 WIB adu banteng antara KA Turangga dengan Kereta Lokal dan saat ini sedang proses evakuasi,” kata Ayep melansir Antara.

Pihaknya hingga saat ini belum bisa memastikan terkait penyebab dari kecelakaan tersebut. Termasuk belum ada informasi terkait adanya korban atau tidak dalam insiden kecelakaan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Segera Menginvestigasi

Sementara itu, Vice President Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan bahwa saat ini PT KAI bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan segera menginvestigasi penyebab dari kecelakaan.

“KAI juga akan melakukan investigasi bersama KNKT untuk mengetahui penyebab kecelakaan,” ucapnya mengutip Antara.

3 dari 3 halaman

Dampak Gangguan Perjalanan

Melansir dari unggahan Instagram resmi KAI saat ini pihaknya membagikan informasi terkait gangguan perjalanan dampak dari kecelakaan tersebut. Diketahui sementara waktu jalur tidak dapat dilalui.

Pagi ini, Jumat, 5 Januari 2024, terjadi insiden kecelakaan antara KA Turangga (65) dengan KA Commuter Line Bandung Raya (350) di lintas Haurpugur - Cicalengka di Bandung, sehingga menyebabkan jalur KA tidak dapat dilalui untuk sementara waktu,” tulis @kai121_.

Diketahui unit terkait telah berada di lokasi untuk melakukan proses penanganan serta evakuasi. Sementara itu terkait tiket dan operasional perjalanan Kereta Api yang melalui Haurpugur-Cicalengka akan segera diinformasikan melalui WhatsApp resmi KAI.

Terkait dengan tiket dan operasional perjalanan KA yang melalui lintas Haurpugur-Cicalengka untuk keberangkatan hari ini, akan segera Railmin informasikan updatenya melalui WhatsApp KAI121 di nomor: 0811-1211-1121 (resmi, terverifikasi, dan bercentang hijau) kepada para penumpang atau publikasi di media sosial,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.