Sukses

Polemik Andre Taulany dan Stinky Dilarang Membawakan Lagu 'Mungkinkah'

Andre Taulany dan band Stinky baru-baru ini mendapatkan kabar menghebohkan. Diketahui Andre dan Stinky dilarang untuk membawakan lagu "Mungkinkah".

Liputan6.com, Bandung - Baru-baru ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kabar lagu “Mungkinkah” yang dilarang untuk dibawakan oleh Andre Taulany dan band Stinky.

Pelarangan tersebut datang dari sosok Ndhank Surahman Hartono yang diklaim sebagai pencipta dan pemilik hak atas lagu tersebut.

Melansir dari video yang beredar di media sosial, Ndhank melarang Andre Taulany dan band Stinky untuk membawa lagu-lagu ciptaannya. Salah satunya adalah lagu populer bertajuk “Mungkinkah”.

Selamat sore saya Ndhank Surahman Hartono hari ini tanggal 30 Desember 2023 saya membuat video pelarangan terbuka atau somasi untuk diketahui banyak pihak bahwa mulai hari ini saya melarang keras Stinky dan Andre Taulany membawakan lagu karya saya seperti “Mungkinkah”, “Jangan Tutup Dirimu” dan lain-lain,” ucapnya.

Ia menyampaikan bahwa pelarangan tersebut sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Ndhank juga melakukan pelarangan karena merasa punya hak eksklusif sebagai pencipta lagu sesuai dengan UU Hak Cipta No. 28 Tahun 2014.

Ndhank menyebutkan bahwa bassist Stinky, Irwan Batara yang juga menciptakan lagu “Mungkinkah” hanya dibolehkan membawakan bagian yang diciptakannya.

Jika saudara Irwan Batra sebagai personel dari Stinky tetap ingin membawakan lagu “Mungkinkah” silakan membawakan sesuai dengan partnya,” kata Ndhank.

Adapun Ndhank dan kuasa hukumnya akan melaporkan hal tersebut ke Polda Metro Jaya terkait lagu-lagu karyanya. Termasuk melaporkan pelarangan penggunaan lagunya oleh Stinky dan Andre Taulany.

Untuk diketahui banyak pihak terutama penyelenggaraan event dan lain-lain. Setelah video somasi ini saya buat dan saya tayangkan, saya dan kuasa hukum saya akan lanjut melaporkan pelarangan penggunaan lagu-lagu karya saya oleh Stinky dan Andre Taulany ke Polda Metro Jaya,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Stinky

Irwan Batara selaku personel dari Stinky Reborn mulai angkat bicara. Ia menyampaikan jika Ndhank akan serius membawanya ke jalur hukum, pihaknya juga akan mengambil tindakan.

“Ya kita lihat aja, kalau dia serius sampai jalur hukum, nanti kita juga ada tindakan untuk dia. Lagu itu ciptaan gue. Di legal pun, di publisher atas nama gue, Stinky dan Ndhank,” ujar Irwan pada Senin (1/1/2024).

Irwan berpendapat bahwa pihaknya tidak akan tinggal diam terutama jika tidak terbukti. Tindakan Ndhank juga dinilai pencemaran nama baik jika apa yang ia sampaikan tidak memiliki buktinya.

“Kita nggak akan diam juga. Kalau nggak kebukti berarti dia melakukan pencemaran nama baik, dan kita juga sudah fair sama dia,” ucapnya.

Sementara itu, Irwan mempertanyakan motif yang dilakukan Ndhank sampai melakukan pelarangan. Pihaknya juga menyebutkan bahwa selama ini hak-hak Ndhank terkait royalti telah dipenuhi.

“Sebenarnya dia juga sudah dapat royalti. Dari publisher, dari kolektif juga dapet, dan setiap Stinky manggung juga kita kasih. Jadi dia sekali dapet tiga. Makannya motif dia apa nih di sini,” kata Irwan.

3 dari 4 halaman

Berharap Tidak ada Konflik

Personel Stinky Reborn tersebut juga menceritakan bahwa pihaknya membayar Ndhank sekitar Rp 250 ribu untuk setiap lagu ciptaannya yang dibawakan Stinky. Bahkan Irwan menyebutkan nominal tersebut lebih tinggi dari royalti yang diterima musisi lain.

“Royalti yang kita bayar untuk dua lagu ke dia itu 500 ribu rupiah, satu lagunya 250 ribu rupiah. Itu kita bayar paling tinggi loh dari yang lain,” kata Irwan.

Pihaknya juga berharap konflik yang terjadi dengan Ndhank saat ini tidak akan terus berlanjut. Mengingat Ndhank juga pernah bersama-sama membesarkan nama band Stinky sejak lama dan berharap bisa bermusik dengan tenang.

“Harapan Stinky, udah lah Ndank, di usia segini, kita sudah dewasa. Nggak usah berkonflik dalam hidup, rezeki udah ada yang atur, bermusik dengan tenang dengan senang, silahturahmi nggak putus,” ucapnya.

4 dari 4 halaman

Tanggapan Andre Taulany

Saat ini belum ada tanggapan resmi dari Andre Taulany namun nampaknya Andre merespon kehebohan peristiwa tersebut dengan cara yang santai. Pada Senin (1/1/2024) Andre mengunggah sebuah video di Instagram pribadinya.

Melalui video tersebut Andre terlihat menggunakan latar lagu “Mungkinkah” dan berpura-pura memainkan piano yang tertutup. Setelah memainkan piano tersebut Andre tiba-tiba menoleh ke arah kamera dan mengatupkan tangan seolah-olah meminta maaf.

Wooyyyy salah wooyy buka dulu tutup nyaaa..,” tulis @andreastaulany.

Setelah mengunggah video tersebut banyak warganet yang memberikan tanggapan positif kepadanya. Tidak sedikit juga rekan-rekan sesama artis dan musisi memberikan tanggapan kepada video yang diunggahnya tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini