Sukses

Akhir Tahun, BMKG Imbau Warga Sulut Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang

Ben mengatakan, warga mesti berhati-hati apabila melakukan aktivitas di saat cuaca ekstrem karena dapat menyebabkan banjir, tanah longsor hingga pohon tumbang. Apalagi menjelang akhir tahun ini banyak perayaan di luar rumah.

Liputan6.com, Manado - Sejumlah even untuk merayakan akhir tahun 2023 dan menyambut tahun baru 2024 siap digelar. Terkait itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Sulut untuk mewaspadai potensi hujan lebat dan angin kencang hingga beberapa hari ke depan.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah kabupaten dan kota hingga tanggal 1 Januari 2024, sehingga masyarakat perlu mewaspadai guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle pada Jumat (29/12/2023).

Ben mengatakan, warga mesti berhati-hati apabila melakukan aktivitas di saat cuaca ekstrem karena dapat menyebabkan banjir, tanah longsor hingga pohon tumbang. Apalagi menjelang akhir tahun ini banyak perayaan di luar rumah.

"Kami mengajak warga mewaspadai potensi ancaman bencana hidrometeorologi, hendaknya tetap berhati-hati bila melalukan aktivitas," ujarnya.

Dia mengatakan, potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di Kabupaten Bolmong Utara pada 30 Desember 2023.

Sementara pada 31 Desember diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dan Kabupaten Bolaang Mongondow.

Saat tahun baru, hujan dan angina kencang diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara. Juga di Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

“BMKG akan terus memberikan informasi terkait cuaca yang telah terverifikasi dan bisa dimanfaatkan masyarakat melakukan langkah antisipasi,” ujarnya memugkasi.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.