Sukses

Deretan Selebritas dan Artis Asal Solo, dari Artis Lawas hingga Pendatang Baru

Aktor, aktris, musisi, hingga pembawa acara banyak lahir dari kota Solo.

Liputan6.com, Solo - Kota Solo tak hanya menjadi kota kelahiran Presiden RI Joko Widodo, tetapi juga menjadi kota kelahiran beberapa pesohor Tanah Air.

Aktor, aktris, musisi, hingga pembawa acara banyak lahir dari kota ini. Mengutip dari surakarta.go.id, berikut beberapa artis asal Solo:

1. Diah Permatasari

Artis lawas Diah Permatasari merupakan salah satu artis yang lahir di Kota Solo. Ia kerap bermain di film horor, salah satunya Si Manis Jembatan Ancol yang populer di era 90-an. Hingga kini, ia masih aktif di jagat hiburan.

2. Erick Estrada

Erick Estrada masuk ke dunia hiburan melalui program Penghuni Terakhir. Ia mengikuti program tersebut pada 2011 dan ditayangkan di ANTV.

Selanjutnya, ia banyak bermain film. Beberapa film yang dimainkan, di antaranya Yowis Ben, Sobat Ambyar, Losmen Bu Broto, Srimulat: Hil yang Mustahal - Babak Pertama, Srimulat: Hidup Memang Komedi, dan masih banyak lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Angel Lelga

3. Angel Lelga

Angel Lelga pernah bermain di beberapa judul film, yaitu Susuk Pocong, Rintihan Kuntilanak Perawan, Pelukan Hantu Janda Gerondong, serta Romansa: Gending Cinta di Tanah Turki. Selain menjadi artis, Angel Lelga juga terjun ke dunia politik.

4. Nuca Indonesian Idol

Salah satu jebolan Indonesian Idol musim ke-10, Nuca, berasal dari Kota Solo. Nuca menjadi satu-satunya kontestan pria yang bertahan dari babak sembilan besar sampai babak empat besar.

Penyanyi muda bernama asli Muhammad Raja Giannuca Putra ini telah memiliki sejumlah karya, seperti single Aku yang Salah bersama Mahalini, Kagum, Meant 2 Be, dan Janji Kita. Ia juga mencoba peruntungan di dunia akting dengan bermain film, sinetron, dan web series.

5. Desta

Deddy Mahendra Desta atau yang populer dengan nama Desta ternyata kelahiran Kota Solo, Jawa Tengah. Memulai karier sebagai musisi, hingga kini ia masih fasih berbahasa Jawa.

 

3 dari 3 halaman

Didi Kempot

6. Didi Kempot

Mendiang Didi Kempot adalah maestro campursari yang berasal dari Solo. Didi Kempot berhasil membawa musik campursari dikenal lebih luas.

7. Nunung Srimulat

Komedian Nunung lahir di Solo, 5 April 1963. Mengawali karier bersama Srimulat, Nunung kemudian melebarkan sayapnya ke sinetron dan kini kerap tampil di berbagai acara televisi.

8. Tia AFI

Salah satu peserta Akamedi Fantasi Indosiar (AFI), Tia, berasal dari Kota Solo. Ajang pencarian bakat era awal 2000-an ini membawa Tia menjadi juara pertama AFI musim kedua.

9. Shania JKT48

Salah satu personel JKT48, Shania, berasal dari Kota Solo. Memiliki nama lengkap Shania Junianatha, istri pebulu tangkis Jonatan Christie ini juga akrab disapa Shanju.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.