Sukses

Caleg PAN Cirebon Pendukung Ganjar Pranowo Optimistis Menang Pileg 2024

Heru memprediksi jika Caleg PAN Kabupaten Cirebon yang tegak lurus mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, bakal lolos atau terpilih sebagai anggota legislatif

Liputan6.com, Cirebon - Masa kampanye pemilu 2024 tak hanya dimanfaatkan oleh paslon capres dan cawapres untuk sosialiasasi. Para calon anggota legislatif turut serta melakukan kampanye di daerah pemilihan mereka di tengah kampanye Pilpres 2024.

Seperti yang dilakukan mantan ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Cirebon Heru Subagja. Caleg yang tegak lurus mendukung capres Ganjar Pranowo tersebut optimis akan lolos ke senayan.

Bahkan, Heru Subagja mengklaim 30 persen dari 42 DCT PAN Kabupaten Cirebon mendukung Ganjar Pranowo. Heru kerap mendampingi Ganjar Pranowo dalam setiap agenda kampanyenya di wilayah Cirebon Raya.

"Diantara Caleg yang secara tegas mendeklarasikan mendukung Ganjar Pranowo sekitar belasan orang, sisanya masih enggan untuk mendeklarasikan diri secara terbuka," ucapnya kepada media, Selasa (26/12/2023)

Diketahui, Heru Subagja menjadi satu-satunya kader PAN yang secara terbuka mendukung Ganjar Pranowo. Sementara di internal partai, Heru terlibat Penyusunan Daftar Caleg Sementara (DCS) dan Daftar Caleg Tetap (DCT).

Heru memprediksi jika Caleg PAN Kabupaten Cirebon yang tegak lurus mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, bakal lolos atau terpilih sebagai anggota legislatif.

"Alasannya sangat rasional, pertama jika dalam penyusunan awal DCS ke DCT, hampir sebagian besar Caleg memberikan dukungan ke Ganjar Pranowo. Saya sendiri saat itu bersama Caleg yang direkrutnya secara utuh mendeklarasikan sebagai entitas parpol yang mendukung Ganjar Pranowo," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimistis Dipilih Rakyat

Heru menyatakan setelah dipecat sebagai Ketua DPD PAN Kabupaten Cirebon, banyak caleg yang mundur hingga mereka mendapat perubahan nomor urut DCT. Heru mengatakan, para caleg yang mundur karena PAN mengusung pasangan Prabowo-Gibran.

"Bagi Caleg yang Ganjar langsung dirombak dari susunan nomor DCT. Ada Caleg Dapil 4 dari nomor satu digeser ke nomor 4 karena loyalis Ganjar Pranowo. Ada yang digusur di luar dapil dan bahkan ada yang dipaksa mengundurkan diri dari pencalegan dan digantikan oleh orang baru," ungkapnya

Heru mengklaim, basis suara paling banyak di Cirebon adalah suara dengan dominasi politik warna merah dan hijau. Ganjar Pranowo, kata dia, menjadi ikon politik wewakili masyarakat kabupaten Cirebon.

"Artinya masyarakat Kabupaten Cirebon dengan hak pilih 1,7 juta suara akan lebih banyak terbuka dan menerima calon presiden yang nasionalis. Terlebih ada Mahfud MD yang menarik perhatian para pemilih hijau yang identik masyarakat Nahdiyin (NU). Karena Caleg yang pro Ganjar-Mahfud akan lebih diterima dan menjadi representasi politik di legislatif," sambungnya.

Heru mengungkapkan, Ganjar Pranowo hampir final menjadi pilihan PAN sebagai calon presiden. Nama Ganjar Pranowo mempunyai nilai jual ketimbang Capres lainnya.

Dan sangat tepat jika ada caleg PAN Kabupaten Cirebon yang berani dan tegas untuk mendukung Ganjar Pranowo akan memberikan dampak elektoral bagi arah politikmya.

"Siap taruhan moral dan politik, jika para loyalisnya caleg yang bakal menang dalam kontestasi pileg 2024 di Kabupaten Cirebon. Apakah loyalis Heru atau para caleg di gerbong baru," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.