Sukses

Raih Anugerah Lintas Politika, Sekjen Perbasi Nirmala Dewi Siap Jadi Sekjen PSSI

Nirmala Dewi, Sekjen Perbasi yang mendapatkan penghargaan dari Lintas Politika Sumsel, diisukan akan menjadi Sekjen PSSI.

Liputan6.com, Palembang - Nama Nirmala Dewi masuk dalam jajaran tokoh Sumatera Selatan (Sumsel) di tingkat nasional, yang mendapatkan penghargaan di Malam Anugerah Lintas Politika Award 2023.

Penghargaan tersebut diberikan Lintas Politika ke tokoh Sumsel yang berkiprah di lokal dan nasional, di auditorium Hotel Beston Palembang, Jumat (22/12/2023).

Direktur Marketing dan Promosi PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) yang menaungi Sriwijaya FC tahun 2014-2019 tersebut, terpilih karena kontribusinya dalam meningkatkan olahraga basket di tingkat nasional.

Ternyata sosok Nirmala Dewi diisukan berpeluang menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Saat ditanyakan perihal peluang menjadi Sekjen PSSI, Sekjen Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) ini tidak asing lagi dengan desas-desus itu.

“Saya tidak kaget, dulu sudah pernah dibicarakan. Tapi karena lagi fokus kejuaraan dunia basket. Tapi pada prinsipnya, (pemilihan) Sekjen PSSI adalah hak prerogatif dari ketumnya. Siapapun bisa ditunjuk,” ujarnya, Minggu (24/12/2023).

Walau sekarang berkiprah di olahraga bola basket, namun Nirmala Dewi tidak asing dengan dunia sepakbola, terutama dulu dia pernah mengantarkan klub sepak bola Sriwijaya FC meraih berbagai kemenangan.

Seperti saat Sriwijaya FC meraih Juara Piala Gubernur Sumsel Tahun 2012, Runner Up Piala Presiden Tahun 2015, Juara Piala Gubernur Kaltim Tahun 2018 dan kemenangan lainnya.

“Kiprah saya dulu di Sriwijaya FC, (dunia sepakbola) bukan sesuatu yang aneh dan bukan hal baru buat saya,” katanya.

Diakuinya, memang belum ada obrolan khusus dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir tentang siapa yang ditunjuk jadi Sekjen PSSI ke depan.

Namun secara pribadi, Nirmala Dewi siap jika nantinya dia dipercaya menduduki posisi Sekjen PSSI dan meningkatkan kancah sepak bola Indonesia hingga ke tingkat mancanegara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perempuan Indonesia

“Siap-siap saja, secara pribadi saya siap saja jika ketuanya mempercayakan itu. Saat ini, saya masih beresin sisa-sisa pertanggungjawaban (Sekjen Perbasi). Persiapan akhir tahun program basket, jadi belum ngobrol ke arah sana juga (dengan Ketum PSSI),” ujarnya.

Dia berharap akan banyak perempuan-perempuan Indonesia lainnya, yang berkecimpung dalam mengangkat olahraga Indonesia.

Menurutnya, peran perempuan sangat penting, terutama dalam membentuk generasi muda untuk menyukai olahraga. Dia berharap untuk olahraga basket ke depan, agar bisa kembali meraih medali emas di kelas dunia ke depannya.

“Olahraga di Sumsel juga harus bangkit dan maju lagi. Apalagi Sriwijaya FC tidak bisa lepas dari dukungan pemerintah dan stakeholder. Siapa lagi yang akan membantu, kalau tidak dari orang-orang kita sendiri,” ujarnya.

Dalam kegiatan Malam Anugerah Lintas Politika Award 2023, ada banyak tokoh Sumsel dan nasional yang meraih penghargaan.

3 dari 3 halaman

Malam Penghargaan

Untuk Tokoh Inspirasi Sriwijaya tingkat regional, penghargaan diberikan kepada Ketua DPC PPP Palembang M Sulaiman, Ketua PasKI Sumsel Fikri Haikal, pengusaha Callestya Anwar, advokat dan aktivis 1998 Firdaus Hasbullah dan aktivis Rubi Indiana.

Lalu di kalangan politikus, penghargaan diberikan ke Aryuda Perdana Kusuma, Fitriana, Andi Wijaya Busro, Zainal Abidin dan Ketua DPD PAN Palembang Fajar Febriansyah.

Di kategori Tokoh Inspirasi Nasional diberikan kepada atlet nasional Sumsel Jauhari Johan, eks Ketua Komnas HAM Nur Kholis, politisi Aga Khan, pengusaha nasional Iwan Assaari, notaris dan politisi Sumsel Renny Astuti.

Penghargaan juga diberikan kepada Sekjen Perbasi Nirmala Dewi, advokat dan selebritis Sumsel Farhat Abbas, Bupati Musi Banyuasin (Muba) Sumsel Apriyadi dan terakhir mantan Kapolda Sumsel Irjen Pol (Purn) Prof Eko Indra Hadi.

Ada juga penghargaan khusus yakni The Legend of Bumi Sriwijaya ke artis senior Anwar Fuadi dan penghargaan Tokoh Kebanggaan Bumi Sriwijaya kepada Erwin Moeslim Singajuru, yang kini menjabat sebagai Staf Khusus Menko Polhukam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.