Sukses

Mencermati Manfaat Jambu Kristal dari Pegunungan Kendeng

Petani di lereng Pegunungan Kendeng menjadi salah satu penghasil jambu kristal dengan segudang manfaat.

Liputan6.com, Semarang - Petani di lereng Pegunungan Kendeng, Kabupaten Blora, Jawa Tengah ternyata menjadi salah satu penghasil buah-buahan. Jambu kristal adalah salah satu yang menjadi unggulan.

Buah berwarna hijau terang ini ternyata memiliki banyak manfaat. Dikutip dari laman Fakultas Pertanian (FP) Universitas Medan Area (UMA), jambu kristal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Juga terdapat kandungan serat yang tinggi.

Ini jelas sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan. Selain untuk pencernaan, jambu kristal memiliki sejumlah manfaat lain seperti mengobati dan mencegah sariawan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, serta menjaga kesehatan mata.

Bagi petani di lereng Pegunungan Kendeng, jambu kristal bermanfaat sebagai sumber penghidupan mereka. Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan Blora, Ngaliman, mengatakan petani di wilayah tersebut memang dioptimalkan untuk menanam buah karena potensi cuan yang lebih banyak.

"Saat ini kita mengoptimalkan potensi yang ada kendeng itu paling bagus ditanami tanaman buah dalam bisnis," katanya .

Selain jambu kristal, ada buah-buahan lain yang dihasilkan petani di lereng Pegunungan Kendeng. Sebutlah misalnya rambutan, durian, kelengkeng, dan alpukat. Meski demikian masih banyak petani yang belum memanfaatkan keuntungan dari buah-buahan.

"Tidak semua petani sadar bahwa petani buah itu menguntungkan. Tidak semua petani sadar usaha pertanian holtikultura menguntungkan," kata Ngaliman.

Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan Blora terus menerus  mengajak petani di lereng Pegunungan Kendeng untuk menjadi petani buah-buahan. Tujuannya sederhana, agar kesejahteraan para petani bisa meningkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini