Sukses

Anies Baswedan Janji Bangun Kereta 'Double Track' di Lampung

Safari politik ke Lampung, Anies Baswedan janji akan bangun kereta double track.

Liputan6.com, Lampung Calon Presiden nomor urut satu Anies Baswedan menjanjikan akan membangun kereta double track (jalur ganda) untuk masyarakat Lampung. 

Janji tersebut disampaikan Anies saat dialog kebangsaan di Universitas Malahayati, Bandar Lampung, pada Kamis (7/12/2023).

"Kami melihat bahwa di Lampung ini perlu adanya peningkatan fasilitas. Kami menilai masyarakat Lampung perlu adanya transportasi dalam kota dan transportasi antar kota yang lebih baik. Untuk itu, Insyaallah kami akan menghadirkan transportasi umum yang bisa menjangkau seluruh wilayah Lampung," kata Anies dalam sambutannya. 

Dia menyampaikan, kereta tersebut nantinya akan beroperasi dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan hingga Palembang.

"Ini namanya, Kereta Double Track. Kereta ini akan melakukan pemberangkatan perdana pada 17 Agustus 2025 dengan rute Bakauheni, Tanjung Karang, Palembang," urainya.

Menurut Anies, pentinya membangun transportasi umum di Lampung karena jumlah penduduknya lebih banyak tinggal di perkotaan. 

"Berdasarkan data di tahun 2009 itu persentase masyarakat yang tinggal di desa itu lebih sedikit dari yang tinggal di kota, ada 56 persen penduduk yang tinggal di kota," kata dia. 

Maka atas dasar itu, jika kota-kota ini tidak membangun transportasi umum bisa dipastikan akan terjadi kemacetan lalu lintas yang luar biasa," sambungnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Jalur Kereta Double Track

Dia mengatakan, perkiraan pada 2045 nanti, masyarakat yang tinggal di kota akan mencapai 75 persen, sehingga ransportasi massal seperti kereta Double Track tersebut dinilai penting.

"Kami perkirakan tahun 2045 masyarakat yang tinggal di kota akan mencapai 75 persen. Bisa dibayangkan jika tidak ada transportasi umum dan semua penduduk di kota menggunakan kendaraan pribadi maka akan terjadi pengeluaran yang besar bagi setiap masyarakat dan juga memakan waktu yang lama karena kondisi jalan yang macet," kata dia.

Sebelum mengunjungi Universitas Malahayati Bandar Lampung, Anies Baswedan mendatangi masyarakat di Kabupaten Lampung Tengah terlebih dulu. Dia menyapa para peternak dan warga. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.