Sukses

Sulut Berpotensi Hujan Lebat hingga 29 November 2023, Waspada Banjir dan Longsor!

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat berpotensi mengguyur wilayah Sulut hingga 29 November 2023.

Liputan6.com, Manado - Musim penghujan tiba. Warga Sulut diingatkan untuk mewaspadai terjadinya banjir dan longsor. Apalagi dalam beberapa hari ke depan, hujan deras diprediksi melanda daerah dengan julukan nyiur melambai itu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat berpotensi mengguyur wilayah Sulut hingga 29 November 2023.

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle, Minggu (26/11/2023).

Dia mengatakan, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi di kabupaten dan kota di wilayah tersebut pada 27-29 November 2023.

"Oleh karena itu warga yang melakukan aktivitas dalam kondisi cuaca ekstrem tetap berhati-hati dan mewaspadai potensi banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang," ujarnya,

Potensi cuaca ekstrem hingga tiga hari ke depan terjadi di beberapa kabupaten dan kota. Pada 27 November, hujan diperkirakan terjadi di Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, dan Bolaang Mongondow Utara.

"Pada 28 November, hujan diperkirakan terjadi di Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, dan Bolaang Mongondow Timur," ujarnya.

Pada 29 November, hujan diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara, dan Bolaang Mongondow Selatan.

"BMKG terus memutakhirkan data sebaran potensi cuaca ekstrem yang dapat diakses melalui kanal-kanal informasi yang tersedia," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.
    Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

    Manado

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Sulut

  • Hujan